Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lebih Murah dari Vario, Ini Prediksi Harga Motor Listrik Electrum H5

Kompas.com - 10/11/2023, 14:21 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Electrum resmi meluncurkan motor listrik terbaru, Electrum H5, yang ditawarkan dengan skema sewa buat pasar fleet khususnya mitra Gojek.

Meski begitu, Electrum telah berencana memasarkan motor listrik untuk pasar ritel. Peluncuran ke konsumen umum ini kabarnya tinggal menunggu penyebaran teknologi mendukung yang lebih merata.

Seperti diketahui, bersamaan dengan peluncuran motor listrik H5, Electrum turut mengenalkan teknologi pendukung seperti baterai, Battery Swap Station (BSS), dan infrastruktur digital.

Baca juga: Begini Cara Mengurus Balik Nama Kendaraan Bermotor

Baterai motor listrik Electrum H5 mengusung model swapKOMPAS.com/DIO DANANJAYA Baterai motor listrik Electrum H5 mengusung model swap

Saat ini, Electrum sudah memiliki sekitar 40 BSS, dengan target 150 lokasi BSS di akhir tahun 2023 dan target lebih dari 1.000 lokasi sampai akhir tahun 2024 di area Jakarta. Electrum juga sedang membangun fasilitas perakitan di Cikarang, Jawa Barat.

CEO Electrum Jack Yang, mengatakan, harga Electrum H5 bakal lebih murah dari skutik bermesin bakar internal yang banyak beredar di jalan.

"Kita berbicara dengan orang-orang yang saat ini memakai Honda BeAT, juga Honda Vario. Bahwa kita akan meluncurkan motor baru tahun depan, yang harganya bakal lebih murah," ujar Yang di Jakarta, Kamis (9/11/2023).

Baca juga: Pakai Mobil Transmisi Manual Jangan Asal Oper Gigi

Electrum H5KOMPAS.com/DIO DANANJAYA Electrum H5

"Kami memang belum menentukan harga eceran Electrum H5, tapi yang bisa kami jamin adalah, harganya akan lebih murah dibandingkan Honda Vario," kata dia.

Sebagai informasi, Electrum menyatakan bahwa motor listrik H5 setara dengan skutik berkapasitas mesin 125 cc.

Bisa dibilang motor ini cukup bersaing dengan skutik seperti Honda Vario 125, yang saat ini dijual mulai Rp 22,550 juta hingga Rp 24,450 juta OTR Jakarta.

Apabila Electrum H5 mau dijual lebih murah daripada Vario 125, maka motor ini diprediksi ditawarkan dengan harga Rp 20 jutaan hingga Rp 22 jutaan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com