Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Electrum Siapkan 150 Titik Swap Baterai hingga Akhir 2023

Kompas.com - 09/11/2023, 19:41 WIB
Dio Dananjaya,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Berbarengan dengan peluncuran motor listrik Electrum H5, perseroan juga mengenalkan teknologi pendukung seperti baterai, Battery Swap Station (BSS), dan infrastruktur digital.

Pada tahap awal, rencananya Electrum bakal menyiapkan ratusan titik swap baterai motor listrik di Jakarta.

“Untuk memperluas jangkauan pengendara kami menargetkan hadirnya 150 BSS pada akhir tahun ini,” ujar Managing Director Electrum Patrick Adhiatmadja di Jakarta, Kamis (9/11/2023).

Baca juga: Pemerintah Yakin Kendaraan Listrik Bakal Laris Tahun Depan

Electrum siapkan ratusan titik swap baterai di Jakarta.KOMPAS.com/DIO DANANJAYA Electrum siapkan ratusan titik swap baterai di Jakarta.

“Untuk itu kami berterima kasih atas dukungan dari berbagai partner strategis, salah satunya Pertamina,” kata dia.

Dalam presentasinya, BSS Electrum rencananya akan tersedia 1 unit setiap 5 Km. Kemudian pada 2024, bakal ada lebih dari 1.000 unit di Jakarta dengan komposisi 1 unit setiap 2 Km.

Selain dengan Pertamina, Electrum juga bakal bekerja sama dengan Planet Ban, Alfamidi, Bank Mandiri, Rukita, dan Indomaret untuk penempatan titik swap baterai.

Baca juga: Begini Cara Mengurus Balik Nama Kendaraan Bermotor

Perihal dayanya, Electrum H5 bisa menampung dua unit baterai sekaligus. Setiap unit baterai berteknologi NMC ini memiliki kapasitas 1,8 kWh dengan bobot di bawah 10 Kg.

“Sejak awal berdirinya, Electrum hadir sebagai perusahaan infrastruktur motor listrik untuk membangun ekosistem motor listrik yang komprehensif,” kata Komisaris Utama Electrum Pandu Patria Sjahrir, pada kesempatan yang sama.

“Mulai dari pabrik di Cikarang, desain motor, teknologi baterai dan digital Internet of Things (IoT), BSS, layanan after-sales, hingga dukungan bagi para pengguna,” ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com