Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Motor Listrik Electrum H5 Meluncur, 500 Unit Tahap Awal buat Gojek

Kompas.com - 09/11/2023, 19:41 WIB
Dio Dananjaya,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Perusahaan joint venture antara PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (“Grup GoTo”, BEI: GOTO) dan PT TBS Energi Utama Tbk (“TBS”, BEI: TOBA), Electrum, resmi merilis motor listrik Electrum H5.

Bersamaan dengan peluncuran motor listrik terbaru, Electrum turut mengenalkan teknologi pendukung seperti baterai, Battery Swap Station (BSS), dan infrastruktur digital.

“Electrum adalah perusahaan yang fokus mengembangkan ekosistem kendaraan listrik, dan hari ini kami mencapai milestone produk pertama kami dengan meluncurkan H5, motor listrik yang didesain khusus untuk jalanan Indonesia,” ujar CEO Electrum Jack Yang di Jakarta, Kamis (9/11/2023).

“Kami percaya peluncuran motor dan perluasan BSS memperkuat komitmen kami membangun ekosistem motor listrik yang komprehensif,” kata dia.

Baca juga: Wuling Bingo Sudah Bisa Dipesan, Booking Fee Rp 5 Juta

Motor listrik Electrum H5 meluncur di IndonesiaKOMPAS.com/DIO DANANJAYA Motor listrik Electrum H5 meluncur di Indonesia

Meski begitu, pada tahap awal H5 akan digunakan oleh layanan GoRide Electric dari Gojek sebagai perluasan pilot project motor listrik dari Grup GoTo.

Electrum akan menambah 500 unit motor listrik H5 untuk layanan GoRide Electric secara bertahap hingga akhir tahun 2023.

Dalam perluasan uji coba ini, Electrum dan Gojek akan memperkenalkan skema rental yang menawarkan fleksibilitas sesuai kebutuhan, yakni antara sewa dengan satu atau dua baterai.

Electrum mengklaim desain H5 merupakan karya desainer dan insinyur lokal asal Indonesia, yakni Muhammad Rayhan Arifinsyah dan Yuditya Pratamaputra.

Baca juga: Cerita Sopir Truk yang Jarang Pulang, Sebulan Cuma 3 Hari di Rumah

Rayhan, yang merupakan desainer jebolan Jurusan Desain Industri ITB, dan Yudit, mechanical engineer lulusan Teknik Aeronautika dan Astronotika ITB dengan pengalaman 10 tahun di bidang vehicle research and development, bersama-sama bergabung dengan Electrum sejak 2022.

Mereka merancang desain H5 berdasarkan hasil uji coba komersial bersama Gojek, serta mempertimbangkan segala masukan dari para mitra Gojek.

Mulai dari performa, desain, dan teknologi, H5 dirancang sesuai dengan kebutuhan mobilitas sehari-hari masyarakat Indonesia.

Baca juga: Pemerintah Yakin Kendaraan Listrik Bakal Laris Tahun Depan

Motor Listrik Electrum.KOMPAS.com/Rully Ramli Motor Listrik Electrum.

“Kami mendesain H5 dengan keunggulan performa tinggi d ikelasnya, biaya perawatan yang rendah, dilengkapi desain yang ergonomis dan nyaman dikendarai. H5 juga dilengkapi dengan teknologi baterai bertenaga tinggi serta BSS yang andal dan mudah dikenali,” ucap Jack Yang.

Pada fase awal, mitra Gojek aktif di wilayah Jakarta dapat mendaftar program rental ini. Electrum akan melakukan validasi terhadap calon penyewa yang dibuktikan oleh aplikasi GoPartner milik mitra Gojek serta identitas resmi.

Jika memenuhi kriteria, mitra akan dihubungi oleh Customer Service (CS) untuk melakukan test-drive.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com