Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Video Mobil Listrik Mini Wuling EV Tercebur ke Kali, Malah Mengambang

Kompas.com - 30/05/2024, 06:42 WIB
Aprida Mega Nanda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Beredar di media sosial Tiktok video yang memperlihatkan pengemudi mobil listrik mini Wuling Mini EV yang mengalami kecelakaan, hingga berujung tercebur ke kali dan mengambang.

Video tersebut diunggah oleh akun Tiktok bernama @sinouto.id. Dalam tayangan itu mulanya terlihat pengemudi Wuling Mini EV yang berusaha menghindar dari pengemudi sepeda listrik yang melintas di depannya.

Baca juga: Pertamina Enduro VR46 Yakin Naik Podium di MotoGP Italia 2024

Namun, pengemudi Wuling Mini EV itu tampak hilang kendali hingga membanting setir ke kiri dan membuat mobilnya masuk ke kali. Uniknya, mobil listrik mungil dari pabrikan China tersebut tidak tenggelam, malah mengapung di permukaan air kali tersebut.

Pengemudi Wuling Mini EV yang berada di dalam mobil juga tampak berusaha meminta tolong kepada warga setempat dengan mengeluarkan badan dari jendela.

Rekaman ini pun mendapat ragam komentar dari warganet, tak sedikit dari mereka yang justru salah fokus dan penasaran mengapa Wuling Mini EV itu bisa mengapung.

@sinoauto.id Wuling MINI EV floating mode Kejadian pada sebuah Wuling Hongguang Mini EV di China yang karena menghindari tabrakan dengan sebuah sepeda listrik tapi malah menyebabkannya masuk ke kali. Tapi uniknya, Mini EV tersebut bukannya tenggelam tapi malah mengapung di permukaan air.. ???? #wuling #wulingmotors #wulingminiev #bydyangwangu8 #yangwangu8 ? ?????????????????? (I Like You The Most) Feat.VARINZ - Speed Up Version - PONCHET

“Se enteng itu kah Wuling Mini ev, sampai mengapung,” tulis komentar @kharissacuyyy.

“Kok mengapung yak,” tulis akun @jefribettlegrounds.

“Kelebihan Wuling bisa ngapung ya,” tulis akun @pangkambi’77.

Menanggapi hal ini, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana mengatakan, mobil dalam video tersebut bisa mengapung lantaran kedap, sehingga tidak ada air yang masuk ke kabin.

Baca juga: Kronologi Pengemudi Mini Cooper Kehilangan Akses Masuk Mobil

“Nah masing-masing mobil memang berbeda-beda, jangan dicoba karena mobil itu bukan perahu, tidak ada yang diciptakan untuk mengapung di air,” ucap Sony, saat dihubungi Kompas.com, Rabu (29/5/2024).

Sony melanjutkan, ketika mengalami kejadian seperti video di atas. Pemilik kendaraan sebaiknya segera evakuasi keluar, apalagi jika kaca jendela sudah terbuka dan cukup untuk penumpang keluar.

“Dalam kondisi tersebut buka pintu sangat sulit, karena tekanan air dari luar sangat kuat. Pintu mudah dibuka jika kabin sudah full dengan air, artinya mobil sudah tenggelam,” kata Sony.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com