Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kia Tak Jual Carnival Model Hybrid di Indonesia

Kompas.com - 29/05/2024, 17:21 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - The New Kia Carnival resmi meluncur di Jakarta pada Rabu (29/5/2024). Model ini merupakan penyegaran dari Kia Carnival generasi keempat yang pertama kali diperkenalkan di Indonesia pada event Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021.

Sebelumnya The New Kia Carnival sudah lebih dulu diperkenalkan di global, salah satu variannya dibekali dengan pilihan mesin berteknologi hibrida.

Berbeda dengan Kia Carnival yang meluncur di global, PT Kreta Indo Artha (KIA) justru hanya membawa satu varian Kia Carnival dengan mesin diesel berkapasitas 2.200 cc.

Lantas mengapa Kia Indonesia tidak membawa Carnival bermesin hybrid di Indonesia?

Baca juga: Berstatus CBU, New Kia Carnival Belum Dirakit Lokal

Marketing & Development Division Head PT Kreta Indo Artha, Ario Soerjo, mengatakan, ada sejumlah alasan yang membuat pihaknya belum membawa Kia Carnival hybrid ke Indonesia.

The New Kia CarnivalKompas.com/Nanda The New Kia Carnival

“Kenapa diesel? Sekarang kita lihat meski mesin diesel terbukti tangguh dan irit, dan salah satu mesin diesel terhalus di Indonesia. Selain itu, dengan Kia Carnival diesel harga yang ditawarkan tidak terlalu jauh, bisa jadi alternatif menarik untuk konsumen. Karena memang kita coba tahan harga di bawah Rp 1 miliar,” ucap Ario, saat ditemui di Jakarta Selatan, Rabu (29/5/2025).

Baca juga: Spesifikasi Lengkap The New Kia Carnival

Selain itu, menurut Ario, regulasi di Indonesia masih belum terlalu mendukung untuk varian kendaraan selain diesel dan bensin. Namun, tak menutup kemungkinan jika nantinya Kia Indonesia menjual varian hybrid, ini disesuaikan dengan permintaan pasar di Tanah Air.

“Regulasi kita masih belum terlalu mendukung untuk varian-varian selain diesel atau bensin. Namun, kita selalu pelajari, tidak menutup kemungkinan untuk varian lain, tapi untuk saat ini fokus diesel 2.200 cc yang sudah terbukti,” kata Ario.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com