Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

MotoGP India 2024 Dibatalkan, Diganti MotoGP Kazakhstan

Kompas.com - 29/05/2024, 18:01 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - MotoGP India 2024 dipastikan tidak akan digelar. Balapan yang digelar di Sirkuit Buddh ini baru akan digelar kembali pada awal 2025.

Dikutip dari motogp.com, Rabu (29//5/2024), disebutkan bahwa alasan penundaan tersebut karena pertimbangan operasional. Disebutkan juga bahwa alasan pembatalan tahun ini karena berkaitan dengan kondisi cuaca.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by MotoGP™ (@motogp)

Baca juga: Jadwal MotoGP Italia 2024, Balapan Digelar Akhir Pekan Ini

Mengikuti saran dari Pemerintah Uttar Pradesh, MotoGP India akan kembali diadakan di Sirkuit Internasional Buddh pada Maret 2025, saat kondisi cuaca diperkirakan akan optimal bagi penonton dan pebalap.

Marco Bezzecchi saat berlaga pada MotoGP Mandalika 2023Dok. @marcobez72 Marco Bezzecchi saat berlaga pada MotoGP Mandalika 2023

Namun, menurut kabar yang beredar sebelumnya, pembatalan MotoGP India dikarenakan promotor lokal, Fairstreet Sports, yang belum menuntaskan kewajiban pembayaran terhadap Dorna Sports dan vendor lainnya.

Padahal, penyelenggaraan pada musim lalu cukup sukses. Balapan dimenangkan oleh Marco Bezzecchi dengan menggunakan Ducati Desmosedici GP22.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by MotoGP™ (@motogp)

Baca juga: Ducati Belum Akan Umumkan Pebalap Baru di MotoGP Italia 2024

Kemudian, diumumkan juga bahwa penyelenggaraan MotoGP India 2024 akan digantikan oleh MotoGP Kazakhstan yang digelar di Sirkuit Sokol. Balapan akan digelar pada 20-22 September 2024.

Marc Marquez saat berlaga pada MotoGP India 2023Dok. @hrc_motogp Marc Marquez saat berlaga pada MotoGP India 2023

Sebelumnya, MotoGP Kazakhstan direncanakan akan digelar pada 14-16 Juni. Tapi, kemudian diundur sampai batas waktu yang belum ditentukan karena terjadi banjir di wilayah tersebut.

Sekarang, Sirkuit Sokol disebutkan siap menggelar MotoGP. Meskipun, jarak dari area perhotelan dengan sirkuit cukup jauh.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com