Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Video Viral Vario Alami Rem Blong, di Jurang Ampel Pasuruan

Kompas.com - 12/05/2024, 13:22 WIB
Selma Aulia,
Stanly Ravel

Tim Redaksi

SOLO, KOMPAS.com - Kecelakaan akibat rem blong seringkali terjadi di jalanan menurun, salah satunya di jalur Jurang Ampel di Desa Lumbangrejo, Kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur.

Dalam unggahan video Instagram @ayopasuruan, Sabtu (11/5/2024), terlihat sebuah sepeda motor matik Honda Vario warna hitam tidak dapat memperlambat laju kendaraan.

Kemudian, pengendara tersebut menabrak jalur pengaman yang dibuat warga dan beruntung berhasil selamat dari kecelakaan fatal.

Baca juga: Video Viral, Maling Motor Bobol Kunci Setang Cuma 3 Detik

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by SEPUTAR PASURUAN DAN SEKITARNYA (@ayopasuruan)

 

Head of Safety Riding Promotion Wahana Agus Sani mengatakan, kejadian tersebut bisa disebabkan banyak faktor, mulai dari kelayakan motor hingga kemampuan pengemudi.

“Pada dasarnya motor adalah sebuah alat transportasi yang bisa saja mengalami kerusakan saat di jalan, tetapi semuanya kembali kepada pengendara motor tersebut apakah rutin dalam melakukan servis dan pemeriksaan kepada motornya sebelum motor tersebut digunakan,” kata Agus kepada Kompas.com, belum lama ini.

Agus mengatakan, untuk menghindari hal tersebut, pengemudi perlu mengecek kendaraan sebelum melewati jalan yang ekstrem.

Baca juga: Marc Marquez Incar Podium Ganda di MotoGP Perancis 2024

Jari di tuas remtribunnews.com Jari di tuas rem

“Pertama, biasakan untuk selalu mengecek sepeda motornya termasuk rem. Kedua, rutin untuk melakukan servis secara berkala di bengkel resmi motor tersebut,” kata Agus.

Ketika melewati jalan menurun, gunakan kedua rem secara bersamaan. Jika menggunakan motor matik, jangan menutup habis gasnya agar mesin tetap menyala dan motor menjadi lebih lambat.

“Terakhir, apabila mengalami rem blong maka jangan panik dan tetap fokus agar tetap aman dan kendaraan dapat berhenti dengan baik. Namun, jika kendaraan selalu dicek sebelum berangkat, mungkin potensi rem blong dapat diminimalisir dan tidak terjadi,” kata Agus.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com