Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toilet Terminal Bus Gratis, tapi Banyak Penumpang yang Pakai Toilet Bus

Kompas.com - 24/04/2024, 13:21 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

'

JAKARTA, KOMPAS.com - Terminal bus merupakan area penting bagi para pengguna dan penyedia layanan transportasi. Oleh karena itu, terminal harus selalu bersih agar saat digunakan bagi yang ingin bepergian menggunakan bus selalu nyaman.

Akan tetapi hingga saat ini masih banyak penumpang yang tidak perduli dengan fasilitas umum tersebut.

Oleh karena itu masih banyak ditemukan kejadian penumpang yang egois, mereka memilih menggunakan toilet yang ada di bus saat sedang parkir di terminal.

Akibatnya area terminal menjadi kotor dan bau tercemar oleh limbah pembungan toilet bus.

Baca juga: Aksesori Motor Ini Sempat Viral, Tapi Sekarang Susah Laku

Pihak  management Terminal Terpadu Pulo Gebang melalui Instagram resminya  @terminalterpadupulogebang, mengatakan salah satu masalah yang sering dihadapi adalah penggunaan toilet bus yang mengotori area terminal.

"Oleh karena itu, Terminal Terpadu Pulo Gebang mengimbau kepada seluruh pengguna jasa terminal untuk tidak menggunakan toilet bus saat berada di dalam area terminal," dikutip dari @terminalterpadupulogebang. 

Pihak PO sebenarnya juga sudah menerapkan larangan penggunaan toilet saat bus sedang parkir dengan menempelkan peringatan dengan tujuan agar penumpang menaati aturan tersebut.

Lantaran masih banyak penumpang yang tidak kooperatif dengan aturan tersebut, untuk mengatasi permasalahan ini petugas terminal yang berjaga gerbang pintu masuk terminal akan mengingatkan kru bus untuk mengunci toilet.

Dengan begitu penumpang tidak akan menggunakan fasilitas toilet bus saat sedang parkir di terminal. 

Baca juga: Aksesori Motor Ini Sempat Viral, Tapi Sekarang Susah Laku

Kemudian, sanksi tegas selalu diberikan agar bus selalu menaati aturan ini. Sanksi tersbeut yaitu penumpang atau kru bus harus bertanggung jawab untuk membersihkan area terminal yang menjadi kotor karena limbah toilet. 

"Di area kedatangan bus AKAP tersedia toilet bus di area sisi barat dan timur fasilitas ini juga disediakan gratis bagi penumpang. Mari kita jaga kebersihan terminal dengan menaati aturan tersebut," kata pihak terminal pada @terminalterpadupulogebang,

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com