Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kawasaki Indonesia Recall Ninja ZX-25R, Ada Perbaikan Rangka

Kompas.com - 23/04/2024, 07:02 WIB
Dio Dananjaya,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI) melakukan recall pada Kawasaki Ninja ZX-25R karena ada masalah pada rangka motor. Recall ini tidak hanya terjadi pada ZX-25R, tapi juga model, ZX-25RR dan ZX-4R.

Awalnya info mengenai recall atau kampanye perbaikan massal diketahui dari surat yang dikirimkan PT KMI buat para pemilik ZX-25R.

Sehubungan dengan adanya posisi lubang pembuangan air pada rangka sepeda motor ZX-25R, ZX-25RR & ZX-4R yang kurang sesuai,” tulis surat pemberitahuan Kawasaki.

Baca juga: Cara Cek Kendaraan Kena Tilang ETLE atau Tidak

Kawasaki Ninja ZX-4RRKOMPAS.com/DIO DANANJAYA Kawasaki Ninja ZX-4RR

Sehingga dapat menyebabkan air masuk ke dalam rangka dan kemungkinan akan menyebabkan adanya cat yang mengelupas, yang hanya akan berpengaruh terhadap tampilan, tapi tidak mempengaruhi untuk faktor kekuatan rangka,” lanjut surat tersebut.

Sebagai bentuk tanggung jawab, KMI mengundang para konsumen untuk datang ke diler resmi. Nantinya unit milik konsumen akan dibuatkan lubang pembuangan air, dengan estimasi pengerjaan sekitar 1 jam 30 menit.

Tidak disebutkan berapa banyak unit yang mengalami recall. Meski begitu, KMI mengundang seluruh pemilik ZX-25R, ZX-25RR & ZX-4R agar menyambangi diler.

Baca juga: Video Modus Baru Pencurian Motor, Setang Dipatahkan Pakai Kaki

Apabila Bapak/ Ibu/ Sdr/I tidak mendapatkan undangan dari dealer resmi Kawasaki silahkan untuk datang ke Dealer Resmi Kawasaki terdekat di lokasi anda dengan membawa surat-surat lengkap sepeda motor anda,” tulis Kawasaki.

Saat dikonfirmasi, Kawasaki Motor Indonesia membenarkan telah mengirim surat pemberitahuan recall kepada konsumen.

“Mengutip dari surat edaran tim service PT. KMI telah mengeluarkan surat edaran kepada customer Ninja ZX-25R untuk melakukan pemeriksaan kepada komponen rangka di Dealer resmi Kawasaki di Indonesia,” tulis keterangan Tim Service PT KMI, kepada Kompas.com, Senin (22/4/2024).

Baca juga: Kisah Bule Touring Sendirian di Indonesia, Numpang Berteduh dan Dijamu Makan Warga

Komunitas ZX-25R IndonesiaDok. ZRI Komunitas ZX-25R Indonesia

“Sebagai bentuk apresiasi kedatangan kepada konsumen loyal Kawasaki, PT. KMI memberikan “Free Scan Engine (VDR)” untuk sepeda motor,” lanjut info Tim Service KMI.

Sebelumnya, isu mengenai recall ZX-25R sudah terdengar dari luar negeri. Dilansir dari Paultan, Kawasaki ZX-25R di Malaysia di-recall atau ditarik kembali oleh Modenas Kawasaki.

Kabarnya, arahan untuk recall diberikan langsung dari Kawasaki Jepang, karena ada ZX-25R yang bermasalah. Cuma negara mana yang terlibat tidak disebutkan.

Waktu itu, Head Sales & Promotion PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI) Michael C. Tanadhi, mengatakan, pihaknya masih memeriksa apakah ada masalah serupa atau tidak buat ZX-25R di Indonesia.

"Masih dalam penyelidikan," ucap Michael kepada Kompas.com (20/3/2024).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com