Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toyota Prius Kena Recall, Pintu Belakang Terbuka Sendiri Saat Melaju

Kompas.com - 19/04/2024, 10:22 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Generasi terbaru Toyota Prius belum lama ini terkena recall. Disebutkan bahwa pintu belakangnya bermasalah, karena bisa terbuka sendiri saat mobil sedang melaju.

Dikutip dari Carscoops.com, Jumat (19/4/2024), diperkirakan sekitar 55.000 unit Prius dan Prius HEV yang beredar di Amerika Serikat terdampak masalah ini. Ditambah dengan 156.000 unit yang dipasarkan di Jepang, Kanada, Eropa, dan Asia.

Baca juga: Toyota Prius Hybrid Bakal Meluncur Tahun Ini

Toyota mengatakan bahwa pada model Prius dan Prius Prime yang diproduksi antara November 2022 dan April 2024, terdapat kemungkinan kebocoran air ke dalam kait pintu belakang elektronik.

prius clear giias 2023 003KOMPAS.com/DAAFA prius clear giias 2023 003

Masalah ini dapat menyebabkan korsleting, yang berpotensi menyebabkan pintu terbuka secara tidak terduga jika pintu tidak terkunci dengan aman. Kejadian seperti itu bahkan dapat terjadi saat kendaraan sedang melaju.

Recall pertama kali dikonfirmasi untuk pasar Jepang di mana terdapat lebih dari 135.000 unit yang terdampak. Sejak saat itu, telah dikonfirmasi bahwa sekitar 55.000 unit di Amerika Serikat juga mungkin terdampak.

Baca juga: Toyota Siapkan Prius GRMN, Tampil Lebih Sporty dan Bertenaga

Secara keseluruhan, Toyota menarik sekitar 211.000 unit Prius dan Prius Prime di seluruh dunia. Toyota belum mengonfirmasi perbaikan untuk masalah ini. Sementara ini, Toyota hanya menganjurkan pemilik untuk tetap mengaktifkan fitur penguncian otomatis.

prius clear giias 2023 001KOMPAS.com/DAAFA prius clear giias 2023 001

Disebutkan bahwa konsumen akan menerima informasi lebih lanjut tentang recall pada awal Juni dan Toyota akan mengganti sakelar pembuka pintu belakang secara gratis.

PT Toyota Astra Motor (TAM) juga berencana untuk memasarkan Prius di Indonesia. Mobil ini sudah pernah dihadirkan ke publik pada pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com