Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Video Pengendara Motor Adang Mobil yang Lawan Arah

Kompas.com - 08/04/2024, 08:02 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Viral di media sosial video yang memperlihatkan aksi pengendara motor adang mobil yang lawan arah di jalur mudik.

Video tersebut diunggah akun @eniekanoy di TikTok, Sabtu (6/4/2024). Terlihat di video tersebut, kondisi lalu lintas memang sedang macet.

Lalu dari arah berlawanan, ada pengendara motor yang mengadang mobil lawan arah. Pengendara tadi diam saja di atas motornya, menunggu ada petugas yang berwenang mengatur jalan.

Baca juga: Daftar Titik Rawan Macet dan Kecelakaan di Jalan Lintas Sumatera

@eniekaenoy Macet part 2 #mudik2024 #polisikeren #polisi #pakpolisi #bumiayu #fyp??viral #fyp ? Kita Bikin Romantis - MALIQ & D'Essentials

 

"Nih ada mas-mas pemberani banget tuh. Menghalangi yang mau menyalip (lawan arah), bikin macet," ucap perekam dalam video tersebut, dikutip Kompas.com, Senin (8/4/2024).

Menanggapi video tersebut, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia Sony Susmana mengatakan, apa yang dilakukan pengendara motor memang semestinya dilakukan, tindakan yang berani.

"Masalahnya yang begini sudah banyak (lawan arah). Saat bertemu pengemudi yang enggak tertib di jalan, harusnya beri sanksi. Salah satunya dilawan tapi bukan dalam arti kekerasan," kata Sony kepada Kompas.com, Minggu (7/4/2024).

Baca juga: Menikmati Layanan Servis HEV di Posko Siaga Toyota Ungaran


Melawan dengan mengadang mobil yang lawan arah saja sudah sangat cukup, tak perlu pakai teriakan emosi. Terlihat dari videonya, pengendara tadi juga cuma diam saja, menghalangi.

"Meskipun jalur kosong, bukan berarti boleh dipakai. Jelek-jelek kalau bertemu dengan kendaraan besar, jadi macet atau kecelakaan adu kambing," kata Sony.

Sebaiknya buat para pemudik, harus punya empati. Memang sudah sewajarnya macet di jalan, mengingat banyak yang mudik juga. Jadi harus siap terima konsekuensi, salah satunya adalah terjebak macet.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com