Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jalan Lintas Timur Sumatera Macet Parah, Polisi Terapkan Buka Tutup

Kompas.com - 07/04/2024, 04:01 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kemacetan parah terjadi di Jalan Lintas Timur (Jalintim) Sumatera ruas Betung- Palembang, Kabupaten Banyuasin, Sumatera Selatan memasuki musim mudik Lebaran 2024. 

Ratusan kendaraan terjebak kemacetan bahkan terkunci di jalur tersebut sejak Jumat (5/4/2024). Bahkan ada sejumlah kendaraan yang mogok dan memperparah kondisi jalan.

Berdasarkan informasi terkini yang dibagikan akun Instagram Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Kepolisin Resor (Polres) Banyuasin, @satlantasbanyuasin, pada Sabtu (6/4/2024) pukul 12.00 WIB, masih terjadi antrean kendaraan di jalur tersebut lantaran masih banyak pengendara yang tidak tertib.

Baca juga: Mobil yang Pakai Roofbox Saat Mudik Masih Aman Lewat Pintu Tol

"Masih banyaknya oknum pengendara yang tidak tertib saat terjadi antrian kendaraan dengan mengambil lajur berlawanan arah sehingga menyebabkan arus sempat kembali terkunci," dikutip dari Instagram @satlantasbanyuasin. 

Namun beberapa kendaraan yang mogok telah dievakuasi, sehingga arus yang sempat terkunci mulai disterilkan dan kembali berjalan perlahan pada kedua lajurnya.

Personil kepolisian yang bertugas melaksanakan rekayasa buka tutup arus lalu lintas. Polisi memberhentikan sementara kendaraan dari arah Sekayu, dengan memprioritaskan arus dari arah Palembang tujuan arah Jambi maupun arah sebaliknya untuk mengurai kepadatan arus lalu lintas.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by SATLANTAS POLRES BANYUASIN (@satlantasbanyuasin)

"Tidak bosan kami imbau kepada pengguna jalan yang akan melintas di Jalintim Palembang - Jambi seputaran Kecamatan Betung untuk tetap bersabar dan antri pada lajur masing-masing agar tidak menimbulkan kepadatan arus lalu lintas yang lebih mengular," dikutip dari Instagram @satlantasbanyuasin.

Informasi jalur alternatif dari arah Jambi menuju PalembangInstagram @satlantas.polresmuba Informasi jalur alternatif dari arah Jambi menuju Palembang

Baca juga: Pastikan Mudik Aman, Ini Tips dari Kemenhub untuk Pilih Bus yang Laik Jalan

Sebagai informasi, seakan menjadi tradisi tahunan, Jalintim Betung- Palembang kerap alami kemacetan yang parah saat musim mudik Lebaran tiba, bahkan pengendara harus menginap di jalan.

Bagi para pemudik dari arah Jambi yang hendak  mengarah ke Palembang dapat melalui jalur alternatif atau rute lain.

Pemudik bisa menggunakan jalan Simpang Siku Kecamatan Sungai Lilin atau Simpang 108 Kecamatan Babat Supat menuju Kota Sekayu lalu mengarah ke Pendopo Kabupaten Pali. Dari sana pemudik menuju ke Prabumulih untuk langsung menuju ke Palembang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com