Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ban Bunyi Dengung Saat Mobil Melaju, Cek Komponen Ini

Kompas.com - 07/04/2024, 14:41 WIB
Erwin Setiawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

KENDAL, KOMPAS.com - Saat mobil melaju seharusnya penumpang di dalam kabin tidak akan mendengar suara dengung secara terus menerus yang cukup mengganggu.

Bunyi dengung bisa muncul ketika terdapat kerusakan pada komponen berputar seperti keausan bearing atau laher pada mobil.

Pemilik Markas Oto Spesialis Nissan & Datsun Depok, Anom Budi Prasetiyo bunyi dengung dipengaruhi oleh banyak faktor, yang umum terjadi yaitu bunyi tapak ban dan bearing roda.

Baca juga: Penyebab Bearing Roda Sepeda Motor Cepat Rusak


“Bunyi dengung saat jalan bisa disebabkan oleh banyak hal, namun yang sering terjadi bunyi tersebut dari kondisi ban dan bearing roda, coba minta tolong bengkel untuk memastikannya,” ucap Anom kepada Kompas.com, belum lama ini.

Anom mengatakan tapak ban yang tidak rata, benjol, atau bergelombang juga bisa menyebabkan bunyi dengung. Selain itu, bearing roda yang sudah jelek juga bisa menyebabkan bunyi dengung.

“Kalau dibawa ke bengkel kan bakal tahu lebih pasti, roda mana yang bermasalah. Sebab, jika hanya mengandalkan dari pendengaran itu kurang kuat, perlu pembuktian sebelum memutuskan mana komponen yang rusak dan perlu diganti,” ucap Anom.

Baca juga: Cara Menghilangkan Bunyi Dengung pada Gardan Mobil

Ilustrasi pemeriksaan roda dan ban mobilDok. SIS Ilustrasi pemeriksaan roda dan ban mobil

Selain dites jalan, kendaraan yang bunyi tadi akan diangkat dan diputar rodanya satu per satu untuk membuktikan bahwa tapak ban bermasalah atau bearing rodanya sudah getar saat diputar.

Hardi Wibowo, Pemilik Aha Motor Yogyakarta mengatakan sumber bunyi dengung saat mobil melaju bisa dari banyak faktor.

“Bunyi dengung biasa terjadi pada komponen berputar seperti bearing, poros dan sejenisnya. Beberapa mekanisme komponen mesin dan transmisi mobil memang berputar sehingga penyebab sumber bunyi bisa sangat banyak,” ucap Hardi kepada Kompas.com, Minggu (7/4/2024).

Hardi mengatakan bunyi dengung biasanya terjadi ketika bearing aus. Sementara pada komponen mobil ada banyak jenis bearing termasuk di transmisi, sistem AC, dan roda.

Baca juga: Ban Mobil Bunyi Dengung, Ini Dia Tersangka Utamanya

impresi berkendara Mazda CX-3 ProKompas.com impresi berkendara Mazda CX-3 Pro

Bunyi dengung saat mobil melaju biasanya akibat bearing roda aus, kondisi ban jelek, kompresor AC waktunya ganti dan transmisi,” ucap Hardi.

Kerusakan bearing transmisi bisa menimbulkan bunyi saat mobil melaju atau diam di tempat selama mesin berputar. Namun, ketika pedal kopling diinjak bunyi akan hilang karena putaran mesin tidak diteruskan ke bagian transmisi.

Semenetara kompresor AC rusak bisa timbul ketika mobil melaju dengan menghidupkan AC menurut Hardi. Begitu AC dimatikan maka bunyi dengung tersebut akan hilang.

Berikut sumber bunyi dengung saat mobil melaju:

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com