Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ban Mobil Bunyi Dengung, Ini Dia Tersangka Utamanya

Kompas.com - 23/11/2018, 18:02 WIB
Azwar Ferdian

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Kaki-kaki mobil adalah wilayah yang memiliki ragam komponen dan saling berkaitan. Bila satu mengalami kerusakan, maka bisa merembet ke bagian lain.

Salah satunya adalah bearing pada roda. Pernah mengalami ban seperti bunyi berdengung keras saat berjalan? Salah satu penyebab utamanya adalah kondisi bearing (klaher) yang sudah aus.

"Ban berdengung biasanya bearing sudah rusak. Bunyinya seiring kecepatan, semakin tinggi kecepatan mobil, maka bunyi dengung akan semakin keras," jelas Heri, mekanik senior bengkel Cibubur Berkat Motor, Jumat (23/11/2018).

Baca juga: Gejala Awal Kaki-kaki Mobil Bermasalah

Heri melanjutkan, cara selanjutnya untuk mendeteksi kerusakan bearing roda tersebut adalah, menggantung ban dengan cara mendongkrak, lalu goyang ban dengan menekan bagian atas dan bawah. Bila terasa oblak, maka segera ganti bagian tersebut.

bearing pada roda depan mobilAzwar Ferdian/Kompas.com bearing pada roda depan mobil

"Bearing memang komponen yang rawan rusak, bila dibiarkan maka bisa kena bagian lain seperti rumah bearing, suspensi dan ban itu sendiri. Cara memasangnya pun tidak bisa asal. Ada bengkel yang cara pasang bearingnya digetok, bukan di-press, ini akan memperpendek usia bearing itu," jelas Heri.

Sangat disarankan, lanjut Heri, untuk mengganti bearing dengan komponen asli (genuine part). Harganya memang lebih mahal, tapi kekuatannya bisa lebih tahan lama dibanding komponen imitasi atau KW.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com