Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penyebab Bunyi Dengung di Transmisi Mobil Manual

Kompas.com - 12/07/2022, 14:12 WIB
Erwin Setiawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Mobil dengan transmisi manual jarang mengalami kerusakan kecuali mobil yang memiliki mobilitas tinggi dan tidak terawat.

Walau pun transmisi manual terkenal bandel, tetap saja pemilik perlu melakukan perawatan agar tidak terjadi kerusakan yang tidak perlu. Minimal, melakukan pemeriksaan di bengkel sekaligus mengganti oli transmisi.

Hal yang sering terjadi yaitu muncul bunyi dengung dari transmisi, bisa dari kampas kopling yang sudah aus atau memang dari komponen transmisinya.

Baca juga: Bahaya Terlalu Sering Injak Setengah Kopling di Mobil Transmisi Manual

Ilustrasi kopling mobil transmisi manual Ilustrasi kopling mobil transmisi manual

Foreman Nissan Bintaro, Ibrohim mengatakan transmisi manual sering mengalami bunyi dengung cukup keras dari dalam transmisi, bila oli transmisi jarang diganti atau pernah menerjang banjir sehingga olinya bercampur dengan air.

“Bila oli transmisi jarang diganti, atau olinya bercampur dengan air karena menerjang banjir, sering kejadian muncul bunyi di dalam transmisi,” ucap Ibrohim kepada Kompas.com, Minggu (10/7/2022).

Dia mengatakan oli yang transmisi yang sudah tidak bagus akan membuat beberapa komponen di dalam transmisi mengalami gaya gesek yang berlebih bahkan mengalami peningkatan panas. Nah, hal itu dapat merusak komponen terutama bearing dan beberapa komponen lain.

Baca juga: Mitos atau Fakta, Mobil Transmisi Manual Lebih Irit BBM?

Toyota GR Supra akan mendapat opsi sistem transmisi manualDok. Toyota Toyota GR Supra akan mendapat opsi sistem transmisi manual

“Jika sudah bunyi dengung seperti itu, transmisi perlu dibongkar dan diperiksa satu per satu, penyebab dengung bisa dari setiap komponen yang berputar seperti bearing input dan output shaft, sinkronmes, shift selector dan lain-lain,” ucap Ibrohim.

Jadi, bila sampai muncul bunyi dengung yang tidak wajar maka transmisi manual perlu diturunkan dan dilakukan overhaul. Sehingga, semua komponen akan diperiksa dan dilakukan penggantian pada komponen yang sudah rusak atau diluar spesifikasi pengukuran.

Untuk menentukan bunyi tersebut memang dari transmisi atau bukan, perlu berkonsultasi kepada ahlinya, sebab menentukan sumber bunyi cukup sulit, karena setiap bunyi hampir sama.

Dari proses pembakaran di mesin mengeluarkan bunyi, puli-puli di mesin juga menghasilkan bunyi, jadi memang tidak mudah membedakan mana bunyi transmisi atau dari yang lain.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com