Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Buat Pemudik, Begini Cara Engine Brake Mobil Matik Saat Melewati Turunan

Kompas.com - 04/04/2024, 13:12 WIB
Selma Aulia,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

SOLO, KOMPAS.com - Ketika mudik Lebaran menggunakan mobil pribadi, pengemudi perlu siap dengan segala kondisi jalan di Indonesia yang bervariasi, mulai dari dasar hingga turunan.

Apalagi saat mudik menggunakan mobil dengan transmisi matik dan bertemu dengan jalan turunan, pengemudi harus bisa menguasai penggunaan engine brake yang benar.

Seperti yang diketahui, engine brake adalah teknik mengurangi kecepatan kendaraan dengan memanfaatkan gaya pengereman yang dihasilkan oleh mesin. Ini penting untuk menghindari rem blong saat melewati turunan.

Baca juga: Video Motor Honda Beat Ngebul di Tanjakan

Olah TKP kecelakaan beruntun di turunan Desa Pageralang, Kecamatan/ Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Kamis (14/3/2024).KOMPAS.COM/DOK POLRESTA BANYUMAS Olah TKP kecelakaan beruntun di turunan Desa Pageralang, Kecamatan/ Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Kamis (14/3/2024).

Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia Sony Susmana mengatakan, saat jalan turunan engine brake mobil matik harus dikondisikan.

“Posisi gear ke terendah, ada tuh di transmisi matik otomatik seperti gear 1. Namun pastikan dulu kecepatannya rendah sebelum berada di jalan turunan,” kata Sony kepada Kompas.com, Kamis (4/4/2024).

Sony mengatakan, hal tersebut perlu dilakukan supaya ketikan kendaraan meluncur kecepatannya sudah tertahan.

Baca juga: Ragam Promo Servis Mobil Jelang Mudik Lebaran 2024


Selain itu, Sony juga mengatakan, ada beberapa hal yang bisa memberatkan kerja rem kendaraan ketika di turunan.

“Beban muatan yang berlebih, kecepatan meluncur terlalu deras dan jalan yang licin,” kata Sony.

Maka dari itu, selain menggunakan teknik engine brake yang benar kondisi kendaraan dan jalanan juga perlu diperhatikan, sehingga perjalanan dapat berlangsung dengan aman dan nyaman.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com