Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER OTOMOTIF] VCR Jadi Alasan Penerapan Ganjil Genap saat Mudik Lebaran | Tol Cimanggis-Cibitung Dibuka Fungsional mulai Besok

Kompas.com - 04/04/2024, 06:02 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Dalam Surat Keputusan Bersama (SKB) Direktur Jenderal (Dirjen) Perhubungan Darat, Kepala Korps Lalu Lintas Polri dan Dirjen Bina Marga, disebutkan bahwa ganjil genap akan berlaku saat arus mudik dan balik Lebaran 2024.

Direktur Penegakkan Hukum (Dirgakkum) Korlantas Polri Brigjen Pol Raden Slamet Santoso, mengatakan, pihaknya telah melakukan simulasi terhadap pemberlakuan ganjil-genap saat arus mudik.

Ganjil genap diberlakukan ini hanya untuk di jalur tol penggal jalan Jakarta-Cikampek sampai dengan Kalikangkung,” ujar Slamet, dilansir dari laman resmi Polri, Selasa (2/4/2024).

Selain itu, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dan Ditlantas Polda Metro Jaya serta PT Cimanggis Cibitung Tollways (CCT) bakal membuka ruas Tol Cimanggis-Cibitung sepanjang 19 Km secara fungsional saat arus mudik dan arus balik Lebaran 2024. Informasi ini diumumkan melalui akun Instagram resmi @tmcpoldametro, Rabu (3/4/2024).

Baca juga: Video Iring-iringan Mobil Jenazah Lawan Arah dan Jalan Zig-zag 

Berikut 5 artikel terpopuler di kanal otomotif pada Rabu, 3 April 2024 :

1. VCR Jadi Alasan Penerapan Ganjil Genap saat Mudik Lebaran

Sejumlah kendaraan pemudik melaju di Jalan Tol Palimanan-Kanci, Cirebon, Jawa Barat, Rabu (27/4/2022). Uji coba sistem ganjil genap di Jalan Tol Trans-Jawa dilanjutkan hingga Gerbang Tol Kalikangkung untuk mengantisipasi peningkatan kendaraan yang akan berdampak perlambatan hingga kemacetan panjang pada arus mudik Lebaran 2022.ANTARA FOTO/DEDHEZ ANGGARA Sejumlah kendaraan pemudik melaju di Jalan Tol Palimanan-Kanci, Cirebon, Jawa Barat, Rabu (27/4/2022). Uji coba sistem ganjil genap di Jalan Tol Trans-Jawa dilanjutkan hingga Gerbang Tol Kalikangkung untuk mengantisipasi peningkatan kendaraan yang akan berdampak perlambatan hingga kemacetan panjang pada arus mudik Lebaran 2022.

Menurutnya, pemberlakukan ganjil-genap tak terlepas dari survei Kemenhub bahwa tujuan terbanyak pemudik menuju ke Jawa Tengah.

Slamet mengatakan, penerapan ganjil genap juga disebabkan terjadi perbedaan ruas tol Jakarta-Cikampek, mulai dari 3 lajur, 5 lajur, 4 lajur, hingga 2 lajur. Terlebih 28,6 juta pemudik diperkirakan akan keluar dari Jabodetabek.

“Itu (pemudik) kalau bersamaan jalannya, itu akan terjadi stuck (kepadatan),” ucap Slamet.

Baca juga: VCR Jadi Alasan Penerapan Ganjil Genap saat Mudik Lebaran

2. Tol Cimanggis-Cibitung Dibuka Fungsional mulai Besok

Tol Cimanggis-Cibitung JatikaryaKompas.com/Nanda Tol Cimanggis-Cibitung Jatikarya

“Pelaksanaan fungsional Jalan Tol Cimanggis-Cibitung Seksi 2B Segmen Simpang Susun Cikeas s.d Cibitung Junction sepanjang 19,65 Km untuk dukungan pelayanan arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445 H,” tulis unggahan tersebut.

Baca juga: Tol Cimanggis-Cibitung Dibuka Fungsional mulai Besok

3. Mulai Hari Ini, Diskon Tarif Tol Mudik Berlaku dari Jakarta ke Semarang

Sejumlah kendaraan minibus, bus, dan juga kendaraan besar melintasi km 188 mendekati gerbang Palimanan dari arah Ibukota Jakarta menuju Jawa Tengah, pada Rabu (3/4/2024) siang. mulai hari ini, Astra Tol Cipali menerapkan diskon tarif tol 20 persen selama tiga hari arus mudik dan tiga hari arus balik.MUHAMAD SYAHRI ROMDHON/ Kompas.com Sejumlah kendaraan minibus, bus, dan juga kendaraan besar melintasi km 188 mendekati gerbang Palimanan dari arah Ibukota Jakarta menuju Jawa Tengah, pada Rabu (3/4/2024) siang. mulai hari ini, Astra Tol Cipali menerapkan diskon tarif tol 20 persen selama tiga hari arus mudik dan tiga hari arus balik.

Menyambut momen mudik Lebaran, PT Jasa Marga (Persero) Tbk, memberikan potongan tarif tol atau diskon sebesar 20 persen.

Diskon ini berlaku untuk jalan tol yang dikelola Jasa Marga Group, yakni integrasi Jalan Tol Jakarta-Cikampek dan Jalan Layang MBZ, Jalan Tol Palimanan-Kanci, Jalan Tol Batang-Semarang, serta Jalan Tol Semarang Seksi ABC.

Baca juga: Mulai Hari Ini, Diskon Tarif Tol Mudik Berlaku dari Jakarta ke Semarang

4. Honda Vario 125 Punya Warna Baru, Harga Naik Rp 200.000

New Honda Vario 125 warna Sporty Red BlackDok. AHM New Honda Vario 125 warna Sporty Red Black

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com