Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

GAC Aion Siap Buka 30 Diler di Indonesia Tahun Ini

Kompas.com - 03/04/2024, 19:31 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Bersama PT Indomobil Sukses Internasional Tbk, merek mobil baru asal China, GAC Aion New Energy Automobile Co Ltd akan mendirikan 30 jaringan diler pada tahun ini.

Hal tersebut sebagai komitmen kedua perusahaan untuk mempercepat adopsi penggunaan kendaraan listrik sebagai alat transportasi di Tanah Air.

"Soal jaringan diler, kita sudah menyiapkan hingga 30 outlet tahun ini. Kerja sama dengan Indomobil Group maupun rekanan lain," kata Gu Hui Nan, Managing Director GAC Aion New Energy Automobile di Jakarta, Selasa (2/4/2024).

Baca juga: Janji GAC Aion Bawa Ekosistem EV ke Indonesia

GAC Hyper HTdok.GAC GAC Hyper HT

Sementara itu, CEO PT Indomobil Energi Baru, Andry Ciu menyatakan bahwa jaringan diler terebut akan berada di beberapa titik potensial, khususnya Jabodetabek.

Pada layanan tersebut, perusahaan juga rencananya bakal menyiapkan charging station, sehingga memudahkan para pengguna ketika hendak melakukan perjalanan cukup jauh atau sekadar transit.

"Diler akan ada yang berdiri sendiri dan (bersama) Indomobil. Kita telah siapkan standarnya," kata Andry.

"Kalau bengkel, kita tetap butuh update software karena namanya juga mobil canggih, kalau ada pergantian komponen kita akan siapkan, ya. Termasuk body repair," tambahnya.

Baca juga: Siap Kawal Mudik, Polisi Adakan Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat

Penandatanganan perjanjian distribusi antara GAC Aion dengan Indomobil Group di Jakarta, Selasa (2/4/2024).KOMPAS.com/Ruly Kurniawan Penandatanganan perjanjian distribusi antara GAC Aion dengan Indomobil Group di Jakarta, Selasa (2/4/2024).

GAC sendiri merupakan kependekan dari Guangzhou Automobile Corp, yang memiliki 7 sektor bisnis utama salah satunya kendaraan, suku cadang, komersial, sampai travel.

GAC kini telah memasuki pasar ASEAN seperti Thailand, Malaysia, Singapura, Kamboja, Vietnam, dan Filipina. GAC Aion akan berinvestasi membangun basis manufaktur di Thailand dan Indonesia.

Rencananya GAC akan memasarkan Aion dan Hyper dan akan dirakit secara CKD di fasilitas milik Indomobil Group dengan kapasitas produksi 30.000 unit sampai 50.000 unit setiap tahunnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com