Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

GAC Aion Y Plus, Mobil Listrik Baru Penantang BYD Atto 3

Kompas.com - 02/04/2024, 17:40 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Satu lagi merek mobil listrik asal China akan ikut meramaikan pasar elektrifikasi kendaraan bermotor di dalam negeri, yaitu GAC Aion.

Menggandeng PT Indomobil Sukses Internasional Tbk, sedikitnya ada dua produk yang akan diluncurkan di pasar pada tahun ini, yaitu Aion Y Plus dan Hyper HT.

"Kita akan rakit di sini dengan skema CKD. Harganya liat nanti, pastinya menarik, sesuai ekspektasi masyarakat Indonesia," kata Andry Ciu, CEO PT Indomobil Energi Baru saat ditemui di Jakarta, Selasa (2/4/2024).

Baca juga: Nekat Merokok Saat Berkendara, Bisa Dihukum Kurungan 3 Bulan

GAC Aion Y Plusdok.GAC GAC Aion Y Plus

Rangkaian produk tersebut tak jauh berbeda dengan langkah GAC Aion di Thailand. Di mana, perusahaan akan mulai memproduksi secara lokal pada Juli 2024 dan menjual Aion Y Plus.

Debut perdana penantang BYD Atto 3 dan MG ZS EV ini dalam pameran Bangkok International Motor Show (BIMS) 2024. Mobil tampil menonjol dengan perpaduan desain modern serta futuristik.

Apalagi kendaraan punya dimensi yang terbilang kompak khas mobil perkotaan, yaitu panjang 4.535 mm, lebar 1.870 mm, tinggi 1.650 mm, dan wheelbase 2.750 mm.

Penandatanganan perjanjian distribusi antara GAC Aion dengan Indomobil Group di Jakarta, Selasa (2/4/2024).KOMPAS.com/Ruly Kurniawan Penandatanganan perjanjian distribusi antara GAC Aion dengan Indomobil Group di Jakarta, Selasa (2/4/2024).

Pada bagian wajahnya, seperti mobil listrik yang lain, Aion Plus Y punya gril tertutup. Di bawahnya terdapat fitur kamera 360 yang tersusun rapi.

Sebagai sistem pendinginan baterai dan AC, bumper di bagian bawah mobil ini memiliki desain terbuka. Bumper ini juga dihiasi dengan aksen warna abu dan desain headlamp full LED Projector menyerupai sayap.

Di balik bodi yang menyerupai MPV tersebut, Aion Y Plus menyuguhkan kabin canggih yang mampu memuat 5 orang penumpang.

Kesannya terpampang futuristik dengan penyematan dashboard yang minimalis karena tidak terdapat banyak tombol karena pengaturan. Sebagai gantinya, berbagai informasi tertuang pada head unit 14,5 inci.

Baca juga: Masuk Indonesia, GAC Aion Langsung Tantang BYD

Setirnya sendiri dilengkapi dengan tombol-tombol sebagai akses cepat ke head unit atau berbagai fitur berkendara. Setir juga dihiasi aksen biru seperti logo GAC di bagian luar mobil.

Sensasi berkendara semakin futuristik dengan MID full digital seluar 10,25 inci. Tuas transmisi mobil ini berada di bagian kanan setir, sementara tuas sein dan wiper di bagian kiri setir.

Soal performa, Aion Y Plus mendapatkan satu motor listrik penggerak roda depan bertenaga 201 dk dan bertorsi 225 Nm. Mobil ini dibekali dua pilihan baterai Lithium-ion yang masing-masing berkapasitas 63,2 kWh dan 68,3 kWh.

Masing-masing pilihan baterai tersebut diklaim memberikan jarak tempuh 490 kilometer dan 550 kilometer.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com