Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Estimasi Biaya Mudik Jakarta-Surabaya Pakai Innova Zenix Hybrid

Kompas.com - 31/03/2024, 14:41 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Surabaya merupakan salah satu kota besar di Jawa Timur yang diprediksi akan jadi tujuan utama para pemudik pada Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran 2024.

Saat ini pemudik yang akan pergi dari Jakarta dan sekitarnya menuju Surabaya dapat melewati Jalan Tol Trans-Jawa. Dengan adanya tol ini membuat jarak tempuh perjalanan jadi lebih singkat.

Baca juga: Jakarta Bebas Ganjil Genap Saat Libur Lebaran, Ini Tanggalnya

Redaksi Kompas.com mencoba memberikan estimasi biaya yang dibutuhkan untuk perjalanan dari Jakarta ke Surabaya menggunakan Jalan Tol Trans-Jawa.

Arus kendaraan yang meninggalkan GT Cikampek Utama jelang Hari Raya NyepiJasa Marga Arus kendaraan yang meninggalkan GT Cikampek Utama jelang Hari Raya Nyepi

Adapun mobil yang digunakan dalam simulasi ini ialah Toyota Innova Zenix Hybrid. Mobil multi purpose vehicle (MPV) kelas menengah Toyota yang punya konsumsi bahan bakar cukup irit di kelasnya.

Ada beberapa faktor yang dihitung dalam estimasi mudik menggunakan Innova Zenix Hybrid ini, yaitu tarif tol dan bensin alias konsumsi bahan bakar.

Pertama yaitu rincian Tol Trans Jawa, Golongan 1, Jakarta-Surabaya per 2024:

- Tol Jakarta-Cikampek (Japek): Rp 27.000
- Tarif Jalan Tol Cikopo-Palimanan (Cipali): Rp 119.000
- Tarif Jalan Tol Palimanan-Kanci (Palikanci): Rp 13.500
- Tarif Jalan Tol Kanci-Pejagan: Rp 31.500
- Tarif Jalan Tol Pejagan-Pemalang: Rp 66.000
- Tarif Jalan Tol Pemalang-Batang: Rp 53.000
- Tarif Jalan Tol Batang-Semarang: Rp 111.500
- Tarif Jalan Tol Semarang ABC: Rp 5.500
- Tarif Jalan Tol Semarang-Solo: Rp 92.000
- Tol Solo-Ngawi: Rp 131.000
- Tol Ngawi-Kertosono: Rp 98.000
- Tol Kertosono-Mojokerto: Rp 50.000
- Tol Mojokerto-Surabaya: Rp 39.000
- Total: 837.000, jumlah ini lebih besar dari jumlah tol akhir tahun lalu sebesar Rp 798.500.

Baca juga: Waspada Mobil Ceper Berpotensi Nyangkut di Jalan Tidak Rata

Tampilan interior Toyota Innova Zenix Hybrid 2.0 Q HV CVT TSS Modellista. Dok. TAM Tampilan interior Toyota Innova Zenix Hybrid 2.0 Q HV CVT TSS Modellista.

Kemudian untuk bensin, pemudik yang menggunakan Innova Zenix Hybrid, redaksi Kompas.com sudah pernah mengetes konsumsi BBM hasilnya adalah 23,0 Kilometer per liter (Kpl).

Untuk diketahui, panjang Tol Jakarta – Surabaya yaitu 784.12 km dengan estimasi perjalanan normal lancar yaitu 9-10 jam tergantung kecepatan dan rute.

Artinya jika jarak dibagi dengan konsumsi BBM maka mobil membutuhkan setidaknya 32,6 liter atau dibulatkan jadi 33 liter. Kemudian dikali dengan harga Pertamax yaitu Rp 12.950 per liter (Maret 2024 wilayah Jakarta) maka hasilnya Rp 427.350.

Salah satu kendaraan listrik Toyota yang ada di Indonesia, All New Kijang Innova Zenix Hybrid EV.Dok. Kompas.com/Stanley Ravel Salah satu kendaraan listrik Toyota yang ada di Indonesia, All New Kijang Innova Zenix Hybrid EV.

Baca juga: Waspada Mobil Ceper Berpotensi Nyangkut di Jalan Tidak Rata

Kalau ditotal, maka untuk perjalanan dari Jakarta-Surabaya dibutuhkan biaya tol sebesar Rp 837.000 dan bensin Rp 427.350 menjadi Rp 1.264.350.

Perlu dicatat, hitungan ini bersifat estimasi, belum termasuk biaya tambahan berupa konsumsi, akomodasi, jarak dari rumah ke tol, hingga biaya penunjang lain untuk liburan.

Selain itu, banyak faktor dan kondisi yang juga mempengaruhi konsumsi BBM. Mulai gaya berkendara, bobot kendaraan, jenis bahan bakar yang digunakan, serta waktu tempuh ke tujuan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com