Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

LMPV Bekas Mulai Diincar Calon Pemudik, Avanza Reborn Jadi Favorit

Kompas.com - 22/03/2024, 18:12 WIB
Daafa Alhaqqy Muhammad,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Mendekati momen Lebaran yang dimulai sekitar 2 minggu mendatang, geliat pencarian mobil bekas oleh calon-calon pemudik sudah mulai tampak.

Menurut sebagian besar pedagang mobil bekas di bursa otomotif, selalu ada peningkatan penjualan di bulan Ramadhan, khususnya mendekati momen Lebaran.

Berdasarkan laporan terbaru yang dibagikan pedagang di kawasan Jakarta dan Tangerang, mobil bekas berjenis low multi purpose vehicle (LMPV) sudah mulai dilirik oleh konsumen.

Kabar ini juga disambut baik oleh pedagang, mengingat LMPV bekas mudah diatur dalam hal rotasi unit masuk dan terjual. Selain itu, ketersediaan stoknya selama Ramadhan juga cukup banyak.

Baca juga: Rekomendasi Bengkel Perbaikan Kaki-kaki Mobil

mobil bekas di segmen MPVKompas.com/Nanda mobil bekas di segmen MPV

Fathur Robbani, Penanggung Jawab Diler Mobil Bekas Aldebaraan Mobilindo BSD Tangerang menjelaskan, beberapa LMPV bekas yang diminati konsumen adalah Mitsubishi Xpander, Nissan Livina, Suzuki Ertiga, dan Toyota Avanza.

Namun dari segi popularitas, model yang paling banyak diburu konsumen dan sangat mudah dijual adalah Toyota Avanza Reborn, alias Avanza generasi kedua lansiran 2011-2019.

“Avanza Reborn enggak ada lawan kalau di MPV kecil. Mulai minggu ini sudah ada beberapa (konsumen) yang pesan, ada yang sudah beli juga,” ucapnya kepada Kompas.com, Jumat (22/3/2024).

Baca juga: Harga Hatchback Bekas Jelang Lebaran 2024, Mazda 2 mulai Rp 62 Jutaan

Penjualan mobil bekas MPV dan LMPV naik menjelang lebaran Mobil88 Penjualan mobil bekas MPV dan LMPV naik menjelang lebaran

Penjelasan senada juga diungkap oleh Alfian, Manager Showroom Empire Auto Mangga Dua Square. Avanza Reborn terpopuler biasanya adalah lansiran 2012, alias model yang sudah mengalami facelift.

“Model paling populer itu 2012 sampai 2013, biasanya yang tipe G. Manual atau matik sama saja, semuanya laris,” kata dia.

Alfian dan beberapa pedagang lainnya memprediksi penjualan LMPV bekas akan meningkat di beberapa hari jelang mudik, dan Avanza Reborn diduga kuat bakal jadi model terlaris.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com