Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jasa Marga Antisipasi Penumpukan di Rest Area Saat Mudik Lebaran

Kompas.com - 22/03/2024, 15:21 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Tol Trans-Jawa diprediksi jadi jalur favorit pilihan pemudik untuk pulang ke kampung halaman maupun liburan selama arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445 H.

Dalam mengantisipasi tingginya mobilitas pada periode arus mudik dan balik, Jasa Marga berkomitmen meningkatkan pelayanan operasional di seluruh ruas jalan tol Jasa Marga Group.

Corporate Communication & Community Development Group Head Jasa Marga Lisye Octaviana, mengatakan, kepadatan berpotensi terjadi di rest area.

Baca juga: BYD Beli Tanah 109 Hektar buat Pabrik Baru di Indonesia

Ilustrasi rest area di jalan tolDok. Jasa Marga Ilustrasi rest area di jalan tol

Selain memastikan fasilitas dan pelayanan di 59 Rest Area yang dikelola oleh Jasa Marga Group berjalan dengan optimal, Lisye menjelaskan, Jasa Marga juga akan melakukan rekayasa flow kendaraan di dalam rest area.

Kemudian, menyediakan SPBU modular di 14 lokasi Rest Area, menambah toilet fungsional sebanyak 599 bilik, menyediakan klinik kesehatan bekerjasama dengan Pertamina di Rest Area 725A Jalan Tol Surabaya-Mojokerto, 792A dan B Jalan Tol Gempol-Pasuruan dan 66A Jalan Tol Pandaan Malang.

Termasuk juga penambahan posko layanan Kesehatan dan posko polisi, berkoordinasi dengan Pertamina untuk memastikan kecukupan BBM, pengaturan antrian SPBU dengan penempatan petugas.

Baca juga: Pemilik Mobil Wajib Tahu Tanda Rem Sudah Minta Diservis

Tak ketinggalan berkoordinasi dengan Kepolisian untuk pelaksanaan buka tutup jika rest area mengalami kepadatan.

“Sementara itu, untuk peningkatan layanan di gerbang tol, Jasa Marga menambah 651 petugas bantu transaksi termasuk di dalamnya personil pengarah lalu lintas serta penambahan 62 unit Mobile Reader menjadi 536 unit,” ujar Lisye, dalam keterangan resmi (21/3/2024).

Peningkatan pelayanan terus dioptimalkan setiap tahunnya untuk mewujudkan pengalaman mudik yang lancar, aman dan nyaman hingga selamat sampai tujuan.

Baca juga: Benarkah Kondisi AC Mobil Harus Off Sebelum Mematikan Mesin?

Buka/Tutup Rest Area di sejumlah ruas Tol TransJawa selama arus balik Lebaran 2022, 6-8 Mei 2022.dok.JasaMarga Buka/Tutup Rest Area di sejumlah ruas Tol TransJawa selama arus balik Lebaran 2022, 6-8 Mei 2022.

Lisye menjelaskan, untuk peningkatan pelayanan lalu lintas di jalur, Jasa Marga menambah 41 unit kendaraan derek menjadi total 181 unit serta penambahan perlengkapan untuk percepatan penanganan gangguan kendaraan.

“Kami juga menambah sarana prasarana lalu lintas seperti penambahan 4.500 buah rubbercone menjadi total 23.239 buah serta penambahan rambu rekayasa lalu lintas,” kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com