Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Tunggu Overheat, Ini Tanda Radiator Mobil Sudah Minta Diservis

Kompas.com - 18/03/2024, 03:12 WIB
Erwin Setiawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

KLATEN, KOMPAS.com - Radiator merupakan salah satu komponen pada sistem pendingin mesin mobil. Perannya sebagai tempat pendinginan coolant sehingga wajib dalam kondisi prima.

Rupanya, radiator tidak bekerja sendirian melainkan didukung oleh beberapa komponen lain dalam satu sistem seperti kipas radiator, kualitas coolant, thermostat dan sejenisnya.

Pemilik INF Auto Servis Depok Fendi Pamungkas mengatakan kebanyakan pengendara mengetahui bahwa radiator mobil bermasalah ketika sudah kejadian overheat, padahal itu yang seharusnya dihindari.

Baca juga: Radiator Bermasalah Juga Bisa Bikin Mobil Gagal Menanjak

Master Radiator Coolantist Master Radiator Coolant

“Ketika mesin mengalami overheat maka pengecekan yang dilakukan bengkel tidak berhenti pada sistem pendinginnya saja, tapi ada langkah investigasi apakah panas berlebih ini menyebabkan kerusakan lain di mesin,” ucap Fendi kepada Kompas.com, belum lama ini.

Fendi mengatakan tanpa harus menunggu mobil mengalami overheat, ketika sistem pendingin sudah menurun performanya pengguna wajib memperbaikinya ke bengkel.

“Jangan anggap remeh sistem pendingin yang sudah menurun performanya, karena itu menjadi semacam bom waktu, kapan saja bisa menyebabkan masalah pada mesin, maka penting mengenali tanda-tandanya,” ucap Fendi.

Baca juga: Kenali Penyebab Radiator Mobil Bocor

Motor kipas radiator untuk Nissan March banyak dijumpai di pasaranTangkapan layar Motor kipas radiator untuk Nissan March banyak dijumpai di pasaran

Fendi mengatakan tanda-tanda sistem pendingin yang sudah tidak bekerja dengan optimal bisa dilihat dari level volume air radiator di reservoir.

“Tandanya, air radiator cepat habis, itu mungkin saja ada kebocoran meski sangat kecil, ini tidak boleh dibiarkan, harus ditelusuri di mana letak kebocorannya, jangan sampai air pendingin mesin habis di perjalanan, itu pasti akan menyebabkan overheat,” ucap Fendi.

Selanjutnya dia mengatakan level air radiator yang meluap juga bisa menandakan sistem pendingin ada masalah.

Baca juga: Kenali 3 Penyebab Air Radiator Mobil Cepat Habis


“Air radiator di tangki cadangan jadi penuh disertai mendidih biasanya tanda motor kipas radiator mati, atau ada saluran pendingin yang mampet entah di radiator, thermostat, atau lainnya, hal ini membuat air pendingin di sekitar mesin mendidih mendorong air menuju reservoir,” ucap Fendi.

Maka dari itu, pengguna mobil sebaiknya paham tanda-tanda radiator mulai bermasalah tersebut karena jika dibiarkan bisa menyebabkan masalah serius di mesin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com