Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenali Penyebab Radiator Mobil Bocor

Kompas.com - 01/02/2024, 12:12 WIB
Selma Aulia,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

SOLO, KOMPAS.com - Air radiator mobil memiliki peran penting dalam sistem pendingin mesin, terutama untuk menjaga suhu mesin tetap dalam kondisi aman.

Dengan begitu, ketika terjadi kebocoran akan membuat mobil mengalami overheat dan bisa mengakibatkan kerusakan serius pada mesin.

Lantas, apa sebenarnya penyebab air radiator mobil bisa bocor?

Baca juga: Soal Kasus Pelat Dewa Palsu, Polisi Bakal Lakukan Investigasi Khusus

Tutup radiator mobil harus diperiksa secara rutin agar tidak menyebabkan kerusakan pada mesinKompas.com/Erwin Setiawan Tutup radiator mobil harus diperiksa secara rutin agar tidak menyebabkan kerusakan pada mesin

Iwan, pemilik Iwan Motor Honda Auto Clinic Solo, Jawa Tengah menyebut ada beberapa penyebab air radiator mobil bocor.

“Pertama radiator sudah berumur, biasana bagian pertama yang rusak ada di bagian upper tank, karena bahannya plastik dan bagian yang menerima panas mesin. Kemudian kisis-kisinya keropos, bahkan juga bisa karena benturan,” ucap Iwan kepada Kompas.com, Rabu (31/1/2024).

Selain itu, Iwan juga mengatakan, selang inlet outlet radiator, selang by pass dan selang heater sudah getas bahkan melembung.

Baca juga: Penanganan Pertama Mobil Habis Terabas Banjir


Selain itu, bisa juga karena adanya kerusakan pada komponen air radiator yang sudah keropos karena usia.

“Seperti pipa-pipa inlet outlet water pump keropos, water pump rusak, cylinder head atau water jacket keropos atau juga bisa karena oil cooler matic rusak,” kata Iwan.

Iwan mengatakan, tanda dari air radiator bocor memiliki ciri-ciri yang bisa dirasakan seperti mesin jadi overheat atau AC tidak dingin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com