Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenali 3 Penyebab Air Radiator Mobil Cepat Habis

Kompas.com - 29/12/2023, 10:12 WIB
Selma Aulia,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

SOLO, KOMPAS.com - Guna menjaga kondisi mesin mobil tetap prima, salah satu yang perlu dilakukan pemiliknya adalah memperhatikan volume air radiator.

Memperhatikan dan menjaga level air radiator secara berkala merupakan langkah penting untuk menjaga kesehatan mesin dan sistem pendingin kendaraan.

Meski begitu, tidak dapat dipungkiri terkadang mobil mengalami masalah volume air radiator cepat habis. Lantas apa penyebab hal ini terjadi?

Baca juga: Bisa Dilakukan Sendiri, Begini Cara Mengisi Air Radiator yang Benar

Pemilik Iwan Motor Honda Auto Clinic, Iwan mengatakan terdapat tiga penyebab air radiator cepat habis.

Master Radiator Coolantist Master Radiator Coolant

1. Terjadi kebocoran

“Pertama adanya kebocoran pada selang, pipa, cover dan sirip radiator, dan water pump,” ujar Iwan kepada Kompas.com, Kamis (29/12/2023).

Kebocoran pada komponen-komponen tersebut dapat terjadi akibat usia dan keausan, kerusakan fisik akibat benturan atau tekanan yang melebihi batas normal.

Baca juga: Wajib Cek Air Radiator Mobil Sebelum Dipakai Pergi Berlibur

Coolant Radiatorwww.wikihow.com Coolant Radiator

2. Cylinder head melengkung

“Kedua, cylinder head melengkung sehingga air radiator masuk ruang bakar atau ruang oli,” ujar Iwan.

Sebagai informasi, cylinder head melengkung dapat disebabkan oleh beberapa faktor seperti overheating. Sehingga perlu dilakukan perawatan yang teratur, misalnya memperhatikan suhu mesin dan merawat sistem pendingin dengan baik.

Baca juga: Jangan Pernah Tambah Air Radiator Saat Mesin Masih Overheat

Terdapat penahan silinder dari bahan logam tahan panas di ruang water jacketKompas.com/Erwin Setiawan Terdapat penahan silinder dari bahan logam tahan panas di ruang water jacket

3. Ada komponen yang keropos

“Terakhir, water jacket pada blok mesin keropos, sehingga air masuk ruang bakar atau ruang oli,” ucap Iwan.

Water jacket ini merupakan saluran di sekitar silinder dalam blok mesin, dan berfungsi untuk menjaga suhu mesin tetap stabil dan mencegah overheat. Sehingga, jika komponen ini keropos maka air radiator akan bocor ke dalam ruang bakar atau ruang oli.

Kondisi ini dapat mengakibatkan masalah serius, seperti pembakaran air dalam ruang bakar yang bisa merusak pelumas dan meningkatkan keausan pada mesin.

Dari tiga penyebab air radiator cepat habis, diharapkan pemilik mobil bisa menjadi lebih mudah untuk mengatasi masalah tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com