Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Awal Ramadhan Peminat LMPV Bekas Diklaim Turun

Kompas.com - 16/03/2024, 12:42 WIB
Daafa Alhaqqy Muhammad,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Jelang agenda mudik lebaran yang bakal berlangsung awal April 2024, pedagang mobil bekas di bursa otomotif mulai mempersiapkan stok unit untuk mengantisipasi minat konsumen.

Berkaca dari periode-periode sebelumnya, segmen low multi purpose vehicle (LMPV) umumnya menjadi segmen terfavorit yang sangat digandrungi oleh konsumen.

Menu pilihan di segmen ini juga terbilang lengkap, contohnya seperti Mitsubishi Xpander, Toyota Avanza, Suzuki Ertiga, Daihatsu Xenia, dan sejenisnya. Variasi model bisa jadi keunggulan tersendiri untuk konsumen.

Kendati demikian, beberapa pedagang mobil bekas melaporkan kejanggalan yang dirasa terjadi di awal Ramadhan 2024. Menurut keterangan, daya beli masyarakat memang sudah meningkat, namun di luar perkiraan.

Baca juga: Ubah Speedometer Jarum jadi LCD, Modal Rp 1 Juta

mobil bekas di segmen MPVKompas.com/Nanda mobil bekas di segmen MPV

Pasalnya, mobil-mobil LMPV bekas diklaim tidak terlalu laris dan terkesan ‘melempem’, padahal ketersediaan stoknya aman dan kondisinya bagus.

Alfian, Manager Showroom Empire Auto Mangga Dua Square menjelaskan, pihaknya sudah menyetok cukup banyak unit LMPV untuk keperluan lebaran. Akan tetapi, pekan pertama Ramadhan penjualannya diklaim sangat loyo.

“Melempem banget, Xpander biasanya laris waktu hari-hari biasa (di luar Ramadhan), sekarang malah justru loyo,” ucapnya saat berbincang dengan Kompas.com, Kamis (14/3/2024).

Baca juga: Mitsubishi Fuso Buka Bengkel Siaga 24 Jam di Ciawi

Innova Reborn diesel di beberapa dealer Nasmoco di Kota Semarang dan sekitarnya menipis sejak kabar kehadiran Innova Zenix Nasmoco Innova Reborn diesel di beberapa dealer Nasmoco di Kota Semarang dan sekitarnya menipis sejak kabar kehadiran Innova Zenix

Kendati demikian, Alfian mengungkap jika penjualan di segmen MPV dan SUV justru melonjak. Mobil-mobil bekas seperti Toyota Fortuner, Toyota Innova Reborn, Nissan X-Trail, dan sejenisnya diklaim sedang laris.

“Kalau mobil-mobil MPV, SUV lagi laris, penjualannya naik,” ucap Alfian.

Penjelasan senada juga disampaikan oleh Fathur Robbani, Penanggung Jawab Diler Mobil Bekas Aldebaraan Mobilindo BSD. Menurutnya, penurunan tren penjualan LMPV bekas selama Ramadhan memang tidak diprediksi.

“Biasanya kalau puasa, yang turun itu Sedan, City Car, Eropa. LMPV Harusnya naik, tapi sekarang turun,” ucap dia.

Kendati demikian, ia mengaku masih optimistis dengan tren penjualan LMPV bekas di Ramadhan 2024. Fathur memprediksi bakal ada kenaikan signifikan di beberapa pekan mendatang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com