Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara BYD Dorong Percepatan Kendaraan Listrik di Indonesia

Kompas.com - 16/03/2024, 09:42 WIB
Stanly Ravel

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Merealisasikan komitmen percepatan transisi menuju era kendaraan elektrifikasi di Tanah Air, PT BYD Motor Indonesia resmi menjalin kerja sama dengan PT PLN (Persero) melalui subholding PLN Icon Plus.

Bentuk kerja sama yang dilakukan berupa penyediaan sebanyak 10.000 unit mobil listrik BYD. Sementara untuk implementasinya, dilakukan bertahap selama lima tahun untuk mempermudah konsumen mendapatkan produk EV BYD.

Eagle Zhao, Presiden Direktur PT BYD Motor Indonesia mengatakan, pihaknya sangat bersemangat dengan kolaborasi bersama PT Indonesia Comnet Plus melalui subholding PLN Icon Plus, untuk menyediakan Electric Vehicle BYD dalam lima tahun ke depan.

"Kolaborasi ini akan memungkinkan kami menggenapi visi untuk menghadirkan teknologi ramah lingkungan yang inovatif dan berkualitas tinggi kepada masyarakat Indonesia, serta memberikan kontribusi positif pada mobilitas berkelanjutan di negara ini dengan mitra diler kami," ujar Eagle di Jakarta, Jumat (15/3/2024).

Baca juga: Jadwal Lengkap Pengaturan Lalu Lintas Arus Mudik dan Balik Lebaran 2024

Sedan listrik BYD Seal banyak dites pengunjung IIMS 2024Kompas.com/Donny Sedan listrik BYD Seal banyak dites pengunjung IIMS 2024

Lebih lanjut dijelaskan, adanya kerja sama ini bagi BYD menjadi langkah besar dalam mendukung perkembangan ekosistem kendaraan listrik di Indonesia.

Dengan berbagai keunggulan yang dimiliki PLN ICON Plus dan sinergi dengan jajaran PLN Group, BYD optimis untuk menjangkau konsumen yang lebih luas di berbagai lapisan masyarakat.

Seiring transformasi di tubuh PT PLN (Persero), PLN ICON Plus mengemban peran baru sebagai sub holding PLN yang menangani lini bisnis di luar kelistrikan (Beyond kWh).

Transformasi PLN Icon Plus berfokus pada empat segmen, yaitu segmen PLN, segmen Retail, segmen Publik, dan segmen Electricity Related Business.

Baca juga: Honda dan Nissan Bersatu Bikin Mobil Listrik Murah

BYD memamerkan deretan teknologi canggihnya pada IIMS 2024Dok. BYD BYD memamerkan deretan teknologi canggihnya pada IIMS 2024

"Kami yakin bahwa dengan teknologi dan komitmen BYD dalam kendaraan listrik, kerja sama ini akan membawa manfaat besar bagi perkembangan infrastruktur dan ekosistem kendaraan listrik di Indonesia, serta mendukung program pemerintah Green Energy Transition di Indonesia, mewujudkan masa depan energi yang lebih berkelanjutan," kata Ari Rahmat Indra Cahyadi, Direktur Utama PT Indonesia Comnet Plus.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com