Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bahas Fitur SUV Listrik Kia EV9 GT-Line, Punya Jok Canggih

Kompas.com - 16/03/2024, 09:22 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kia EV9 GT-Line hadir dengan desain eksterior yang futuristik dan interior yang elegan. Selain memberikan kenyamanan berkendara yang maksimal, SUV listrik ini juga sarat dengan fitur dan teknologi yang canggih.

Banyak fitur menarik yang disematkan pada EV9 GT-Line. Salah satu fitur yang menarik redaksi Kompas.com yang mencoba mobil listrik ini adalah jok.

Interior Kia EV9 GT-LineKompas.com/Donny Interior Kia EV9 GT-Line

Baca juga: Mengulik Kenyamanan Berkendara Kia EV9 GT-Line

Tempat penyangga tubuh ini sudah dilengkapi dengan fitur ventilated/heated seat. Jok pengemudi dan jok di baris kedua juga memiliki fitur pemijat untuk membuat rileks penggunanya. Kia menyebutnya dengan Ergo-motion seat untuk jok pengemudi dan Relaxation Seat & Dynamic Body Care untuk jok baris kedua.

Fitur kursi pijat Kia EV9 GT-LineKompas.com/Donny Fitur kursi pijat Kia EV9 GT-Line

Joknya juga terintegrasi dengan mode berkendara dan kecepatan mobil. Saat menggunakan mode berkendara Sport atau kecepatan mobil mencapai 100 kilometer per jam, jok pengemudi bagian sisi kiri dan kanan punggung akan menyempit. Sehingga, terasa menjepit bagian badan, membuat badan menjadi posisi sigap.

Spion tengah bisa diganti dengan kamera belakang. Kualitas kamera juga tajam dan mampu memberikan visibilitas yang baik saat kondisi malam sekalipun.

Spion tengah Kia EV9 GT-LineKompas.com/Donny Spion tengah Kia EV9 GT-Line

Baca juga: Mengulas Interior Kia EV9 GT-Line, Punya Kabin Lapang

EV9 GT-Line juga menawarkan kepraktisan bagi penggunanya. Pintu belakang sudah dilengkapi dengan fitur Smart Power Tailgate. Pengemudi cukup berdiri di depan pintu belakang sambil membawa remote selama tiga detik dan pintu akan membuka secara otomatis.

Fitur pemanas dan pendingin kursi, serta memory seat pada Kia EV9 GT-LineKompas.com/Donny Fitur pemanas dan pendingin kursi, serta memory seat pada Kia EV9 GT-Line

Kemudian, terdapat pula fitur canggih lainnya, seperti wireless charging, Head Up Display, Memory Seat, Ambient Light, Sunroof, Panoramic Roof, dan layar head unit berukuran 12,3 inci yang dapat terhubung dengan smartphone melalui Apple CarPlay dan Android Auto. Sistem audionya didukung oleh Meridian Premium dengan total 14 pengeras suara.

Tentunya, EV9 GT-Line juga memiliki sistem bantuan pengemudi alias Advanced Driver Assistance Systems (ADAS) yang meliputi banyak fitur canggih, seperti Smart Cruise Control, Lane Keeping Assist, Lane Following Assist, Blind-Spot Collision-Avoidance Assist, Blind-Spot View Monitor, Manual Speed Limit Assist, Safe Exit Warning, Safe Exit Assist, High Beam Assist, Driver Attention Warning, Rear Cross-Traffic Collision-Avoidance Assist, Forward Collision-Avoidance Assist, serta dilengkapi 10 airbag untuk pengemudi dan penumpang.

Fitur Vehicle-to-Load (V2L) Kia EV9 GT-LineKompas.com/Donny Fitur Vehicle-to-Load (V2L) Kia EV9 GT-Line

Layaknya mobil listrik pada umumnya, EV9 GT-Line juga memiliki kemampuan untuk menjadikan baterai sebagai energi cadangan. Fitur ini umumnya disebut dengan Vehicle-to-Load (V2L). Fitur ini bisa digunakan pada bagian dalam dan luar mobil.

Dengan V2L, EV9 GT-Line bisa digunakan untuk menghidupkan berbagai perangkat elektronik rumahan sekaligus. Selain itu, SUV ini juga memiliki kemampuan Vehicle-to-Vehicle (V2V), yang berfungsi untuk mengecas kendaraan listrik lainnya.

Baca juga: Perkara Gaji, Jorge Martin Bisa Tinggalkan Ducati

Kia EV9 GT-LineKompas.com/Donny Kia EV9 GT-Line

Selain itu, masih banyak fitur menarik lainnya yang disematkan oleh Kia pada EV9 GT-Line. Dengan kelengkapan fitur tersebut, tak heran jika mobil yang diimpor secara utuh dari Korea Selatan oleh PT Kreta Indo Artha (KIA) ini dibanderol Rp 1,975 miliar (OTR Jakarta).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com