Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bahas Desain Eksterior Kia EV9 GT-Line yang Futuristik

Kompas.com - 13/03/2024, 18:01 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kia jadi salah satu dari sedikit pabrikan yang meluncurkan SUV listrik, yakni EV9 GT-Line. Secara tampilan, mobil ini memiliki desain eksterior yang unik karena terlihat futuristik.

Konsep desain yang diusung oleh Kia bisa dikatakan tidak seperti mobil-mobil kebanyakan. Bodinya terlihat lebih mengotak, dimensinya cukup besar, dan lampu depannya juga memiliki desain yang tidak normal.

Baca juga: Spesifikasi Lengkap SUV Listrik Kia EV9, Daya Jelajah 541 Km

Tapi, justru di situ letak keunikan SUV listrik ini. Tidak sedikit orang yang penasaran ketika melihatnya di jalan raya. Apalagi, ditambah dengan populasinya yang masih sangat sedikit.

 

Kia EV9 GT-LineKompas.com/Donny Kia EV9 GT-Line

EV9 GT-Line dibangun di atas platform yang sama seperti EV6 dan Hyundai Ioniq 5 atau Ioniq 6, yakni mengandalkan Electric Global Modular Platform (E-GMP). Secara dimensi, mobil listrik ini memiliki panjang 5.015 mm, lebar 1.980 mm, tinggi 1.780 mm, dan jarak sumbu roda 3.100 mm.

Dimensinya cukup besar, bagi yang tidak biasa mengendarainya mungkin akan sedikit kikuk. Apalagi, saat akan parkir atau melewati jalan yang cukup sempit.

Baca juga: Kia Berencana Produksi EV9 GT, SUV Listrik Berperforma Tinggi

Pada bagian depan, kesan futuristiknya langsung terasa. Sebab, desain lampu depannya cukup eksentrik. Lampu LED yang disusun secara vertikal tidak biasa diusung oleh mobil lainnya.

 

Kia EV9 GT-LineKompas.com/Donny Kia EV9 GT-Line

Bagian depannya juga terlihat kaku dan mengotak. Bagian kap juga terlihat cukup panjang dan di baliknya terdapat bagasi dengan kapasitas yang tidak terlalu besar. Bagasi depan ini cukup untuk menampung portable charging dan beberapa barang dengan ukuran sedang.

Bumpernya dihiasi dengan aksen hitam yang menyambung dengan fender di bagian samping, dan terus menyambung hingga bumper belakang. Aksen ini juga menguatkan karakter SUV yang dinamis.

 

Kia EV9 GT-LineKompas.com/Donny Kia EV9 GT-Line

Pada bagian sampingnya, dimensi yang panjang dari EV9 GT-Line semakin terlihat. Bagian pilar dan bingkai jendela berwarna hitam, tapi atapnya tetap senada dengan warna bodi. Bagian atap juga sudah dilengkapi dengan roof rail.

Untuk mengurangi hambatan angin, gagang pintu pada mobil listrik ini menggunakan model flush, seperti pada mobil listrik kebanyakan. Pada bagian roda, desain pelek juga terlihat futuristik, karena ditutup oleh dop dari bahan plastik yang cukup unik.

 

Kia EV9 GT-LineKompas.com/Donny Kia EV9 GT-Line

Beralih ke bagian belakang, bentuk EV9 GT-Line juga cukup unik. Desain lampu belakang dibuat vertikal dengan sedikit menekuk, mengikuti desain pintu belakang.

Bagian atasnya dihiasi dengan spoiler kecil yang tentunya terintegrasi dengan high mount stop lamp.

Desain EV9 GT-Line mungkin bagi sebagian orang cukup aneh dan terlihat kaku. Tapi, di sisi lain, desain yang eksentrik dan futuristik ini membuatnya jadi tampil beda dan tetap berkelas.

 

Kia EV9 GT-LineKompas.com/Donny Kia EV9 GT-Line

Saat ini, PT Kreta Indo Artha (KIA) memasarkan Kia EV9 GT-Line dengan harga Rp 1,975 miliar (OTR Jakarta). Tersedia delapan pilihan warna, yakni Snow White Pearl, Ivory Silver, Panthera Metal, Ocean Blue, Aurora Black Pearl, Pebble Gray, Flare Red, dan Iceberg Green.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com