BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Toyota

Menguak Alasan di Balik Larisnya Toyota All New Avanza-Veloz, Punya Desain Premium dan Fitur Modern

Kompas.com - 12/03/2024, 17:10 WIB
Aningtias Jatmika,
Sri Noviyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.comToyota All New Avanza-Veloz menjadi multi-purpose vehicle (MPV) terlaris pada 2023. Menurut data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), Toyota All New Avanza dan Toyota All New Veloz menguasai 39,9 persen dari total pasar otomotif Tanah Air pada semester I 2023 dengan penjualan 30.221 unit.

Sementara, Toyota All New Avanza-Veloz sendiri mencatatkan total penjualan 11.762 unit atau 15,5 persen dari total pasar otomotif. Angka ini meningkat 19 persen jika dibandingkan periode sama pada 2022.

All New Veloz resmi mengaspal di Tanah Air jelang akhir 2021. MPV yang dijuluki “mobil sejuta umat” itu hadir dalam tiga tipe, yakni Veloz M/T, Veloz Q CVT, dan Veloz Q CVT TSS (Toyota Safety Sense).

Banyak orang mengira bahwa All New Avanza dan All New Veloz adalah dua MPV sama. Namun, kedua mobil ini memiliki ciri khasnya sendiri.

Adapun Avanza dihadirkan bagi pengguna yang membutuhkan partner mobilitas terbaik, dapat diandalkan, dan memberikan kenyamanan

Sementara, Veloz difokuskan untuk memenuhi kebutuhan mobilitas yang lebih mementingkan sisi emosional.

Toyota All New Veloz tampak lebih premium, mulai dari visual yang lebih berani dan terlihat mewah hingga penyematan fitur-fitur canggih pada mobil VIO Toyota All New Veloz tampak lebih premium, mulai dari visual yang lebih berani dan terlihat mewah hingga penyematan fitur-fitur canggih pada mobil

Tampilan premium dan fitur modern

Desain Veloz sendiri dibuat berdasarkan hasil survei yang dilakukan Toyota kepada masyarakat. Lewat survei itu, ditemukan bahwa pencinta otomotif menginginkan MPV bergaya sport utility vehicle (SUV) dengan kisaran harga di atas Rp 250 jutaan.

Baca juga: Toyota Veloz Tampil Ganteng dengan Bodykit Resmi

Alasan itu pula yang mendasari tampilan Veloz tampak lebih premium, mulai dari visual yang lebih berani dan terlihat mewah hingga penyematan fitur-fitur canggih pada mobil dengan kisaran harga Rp 280 sampai Rp 300 jutaan itu.

Berbicara soal desain, kesan berkelas langsung terlihat pada visual depan yang dibuat tegas dengan paduan nuansa elegan, tapi tetap tersemat kesan sporty.

Tak hanya itu, garis-garis yang lebih tebal juga terlihat yang memanjang di bagian samping, untuk kaki-kaki sudah menggunakan pelek 17 inci, roof rail, fender line, dan side stone guar. Sementara bagian belakang, tampilannya dibuat tampak elegan.

Beralih ke bagian interior. Secara umum, Veloz memiliki interior yang dimiliki Avanza, mulai dari bentuk dasbor yang rata, panel instrumen, hingga head unit 9 inci.

Toyota All New Veloz bisa disulap menjadi sofa layaknya lounge berjalan. VIO Toyota All New Veloz bisa disulap menjadi sofa layaknya lounge berjalan.

Ada pula fitur Tilt Telescopic Steering with Audio and MID Switch untuk memudahkan pengaturan posisi kemudi. Tampilan setirnya serupa dengan Raize.

Baca juga: Avanza-Veloz Dominasi Penjualan Toyota di GIIAS 2023

Sebagai penunjang keamanan, low multi purpose vehicle (LMPV) itu juga sudah mengaplikasi Vehicle Stability Control dan Hill Start Assist sebagai standar baru Avanza.

Kemudian, ada juga Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Fitur Brake Distribution (EBD), dan Brake Assist (BA).

Tipe tertinggi juga dibekali dengan TSS yang terdiri dari Pre-Collision Warning and Pre-Collision Braking yang mengandalkan sistem radar. Fitur ini membantu mengurangi risiko tabrakan dengan kendaraan di depan dengan memberikan daya pengereman, bahkan hingga berhenti darurat, jika diperlukan.

Lalu, ada fitur Pedal Miss Operation Control yang mengurangi potensi kecelakaan akibat salah menginjak pedal gas dengan menyetel alarm peringatan, menerapkan pengereman, dan membatasi distribusi tenaga agar mobil melambat.

Toyota All New Veloz memiliki visual depan yang dibuat tegas dengan paduan nuansa elegan, tapi tetap tersemat kesan sporty. VIO Toyota All New Veloz memiliki visual depan yang dibuat tegas dengan paduan nuansa elegan, tapi tetap tersemat kesan sporty.

Selanjutnya, ada Lane Departure Warning and Lane Departure Prevention yang membantu mencegah mobil berpindah jalur secara tidak sengaja di jalan.

Terakhir, Front Departure Alert yang memberikan peringatan ketika mobil di depan tiba-tiba bergerak mendekat saat sedang mengantre di tengah kemacetan.

Tak hanya itu, Veloz Q CVT TSS juga sudah mengadopsi teknologi kamera 360 yang terintegrasi dengan fitur surround monitor. Fitur ini membantu pengemudi menambah visibilitas ketika hendak parkir atau melaju di area yang relatif sempit.

Dari head unit, gambar yang tertangkap oleh kamera 360 akan “dijahit” sehingga pengemudi bisa melihat situasi sekitar mobil tanpa terputus.

Baca juga: Toyota Cetak 5.796 SPK di GIIAS 2023, Avanza Veloz Terlaris

Selain pemandangan dalam mode tampak atas, sistem kamera 360 itu juga mampu menampilkan gambar segala arah di sekitar mobil.

Selain seluruh fitur yang tersemat pada Avanza, Veloz juga memiliki tambahan lain, seperti wireless charger di konsol tengah. Fitur premium yang dikombinasikan dengan Electric Parking Brake with Brakehold itu menggantikan tuas rem parkir konvensional.

Berkat peningkatan tersebut, All New Veloz hadir dengan sajian kenyamanan baru yang bisa membuat pengemudi dan penumpang lebih nyaman.

Bahkan, baris pertama, kedua, dan ketiga All New Veloz bisa disulap menjadi sofa layaknya lounge berjalan. Hal ini dapat dimanfaatkan oleh pengendara atau penumpang untuk beristirahat di dalam mobil saat menempuh perjalanan jauh.

Dengan berbagai keunggulan itu, tak heran jika All New Veloz menjadi MPV primadona di Tanah Air.


komentar di artikel lainnya
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com