Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hasil MotoGP Qatar 2024: Pecco Bagnaia Juara, Marquez Posisi 4

Kompas.com - 11/03/2024, 00:51 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Juara bertahan MotoGP Francesco Bagnaia berhasil menjadi juara pada seri perdana MotoGP musim 2024 di Sirkuit Losail, Qatar, Senin (11/3/2024) dini hari.

Pebalap Ducati Lenovo itu berhasil mengalahkan pesaingnya seperti Jorge Martin dan Brad Binder yang memulai balap dari posisi lebih menguntungkan. Diketahui, Bagnaia start dari posisi ke-5 dalam laga ini.

Dominasinya berhasil dipertahankan sejak putaran ke-2 MotoGP Qatar 2024. Sementara itu, Marc Marquez yang mengendarai motor balap Ducati juga tampak agresif meskipun belum berhasil naik podium.

Marquez berhasil menjaga posisi empat sejak awal balapan, dan bisa memberikan tekanan kepada Martin dan Binder yang ada di depannya.

Baca juga: Laris di Jawa, Sasis Bus Hino RM280 Sasar Otobus Sumatera dan Sulawesi

Jalannya balapan

Pada awal laga, MotoGP Qatar 2024 langsung menghadirkan satu drama, di mana ada penundaan start disertai dengan kesalahan Raul Fernandez ketika hendak memutar throttle tunggangannya.

Hal ini nembawa Raul harus masuk pit dan memulai balapan dari sana. Alhasil, laga perdana musim tahun 2024 harus kehilangan satu putaran penuh dari 22 lap menjadi 21 lap.

Tidak lama kemudian, balapan kembali dimulai dengan sesi warm up atau pemanasan. Kala itu, Jorge Martin yang memulai laga dari posisi terdepan langsung berusaha menjaga jarak dari pesaingnya.

Namun hanya bertahan satu putaran, posisi pertama direbut oleh Francesco Bagnaia yang start dari posisi ke-5. Setelahnya disalip pebalap Red Bull KTM, Brad Binder.

Baca juga: Senyum Marquez Usai Finis di Posisi Kelima Sprint Race Qatar

Alih-alih berusaha merebut kembali posisi strategis itu juara Sprint Race GP Qatar 2024 tersebut harus menghadapi agresifitas dari Marc Marquez yang menempelnya dari posisi ke-4.

Adapun Enea Bastianini yang memulai balap dari urutan ke-3 pun tidak mau ketinggalan momen penting pada seri pertama musim 2024. Ia berusaha mengejar persaingan ketat di partai atas.

Posisi terkait terus bertahan hingga lima putaran lamanya dengan jarak sangat dekat, sekitar 0,7 detik masing-masing.

Memasuki putaran ke-6, persaingan partai atas semakin memanas di mana Martin mulai berkendara secara agresif mengejar Bagnaia dengan lebih dulu membalap Binder.

Baca juga: Hasil Sprint Race MotoGP Qatar 2024, Martin Juara

Sementara Marquez juga tidak mau kalah dengan pebalap muda, seperti Pedro Acosta dan Enea Bastianini. Dalam satu tikungan, ia langsung menyalip keduanya sehingga menempati urutan ke-4.

Marc Marquez mengungguli Marco Bezzecchi dan Alex Marquez di sesi kualifikasi MotoGP Qatar 2024Gresini Racing Marc Marquez mengungguli Marco Bezzecchi dan Alex Marquez di sesi kualifikasi MotoGP Qatar 2024

Menariknya, Pedro yang menjadi pebalap rookie dalam musim ini tidak gentar. Pebalap dari Red Bull Gasgas Tech3 tersebut kembali menantang Marquez dengan jarak 0,16 detik.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com