Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Spesifikasi Foton eView, Microbus Listrik yang Mirip Toyota HiAce

Kompas.com - 10/03/2024, 18:41 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Foton Indonesia mulai menjual kendaraan niaga listrik berbasis baterai. Pada Giicomvec 2024, ada tiga model yang diperkenalkan, eTruckMate, eView, dan eAumark.

Satu model yang menarik perhatian Kompas.com adalah eView, microbus listrik yang bentuknya seperti Toyota HiAce. Dimensinya besar, bisa muat 16 penumpang sekali jalan, klaim jarak tempuhnya 235 Km (NEDC).

Secara tampilan luar, bentuknya sangat mirip dengan HiAce. Bedanya bisa dilihat di bagian grille dan bumper yang ada aksen warna biru. Dimensinya 5.320mm (panjang) x 1.695 (lebar) x 2.280 (tinggi).

Baca juga: Laris di Jawa, Sasis Bus Hino RM280 Sasar Otobus Sumatera dan Sulawesi

Foton eView, microbus listrik yang dijual Rp 591 jutaKOMPAS.com/FATHAN Foton eView, microbus listrik yang dijual Rp 591 juta

Pada bagian kabin pun serupa, cuma pintu gesernya ada di sisi kanan dan kiri. Susunan bangku menghadap ke depan semua, ada yang dua sampai tiga berderetan.

Soal spesifikai, eView punya kapasitas baterai 50,23 kWh. Baterai tersebut diklaim bisa dipakai jalan sejauh 195 Km (WLTC) atau 235 Km (NEDC).

Tenaga maksimal yang dihasilkan 85 kW atau setara 113,9 TK. Sedangkan torsinya besar, 290 Nm. Kalau dibandingkan dengan HiAce, eView punya tenaga dan torsi yang lebih kecil, tapi keunggulannya adalah instan, dari injakan awal sudah bertenaga.

Baca juga: Spesifikasi Pikap Listrik Foton eTruckMate, Dijual mulai Rp 370 Jutaan


Foton klaim buat pengecassan bisa pakai fast charging. Kondisi 20 persen sampai penuh cuma satu jam 20 menit, sedangkan kalau mengecas biasa, bisa delapan jam saja.

Buat harga, eView dibanderol Rp 591 juta off the road. Harganya kompetitif dengan HiAce yang ada di kisaran Rp 560 jutaan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com