Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hitung Biaya Kepemilikan Suzuki XL7 Hybrid Alpha hingga Lima Tahun

Kompas.com - 06/03/2024, 08:22 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Suzuki XL7 Hybrid tipe Alpha termasuk ke dalam segmen Low Sport Utility Vehicle (LSUV). Saat membeli mobil ini, banyak konsumen yang memperhitungkan faktor biaya, seperti konsumsi BBM, biaya perawatan, dan pajak tahunan.

Redaksi Kompas.com sudah melakukan pengetesan pada XL7 Hybrid tipe Alpha, beberapa waktu lalu. Pengetesan dilakukan dengan menggunakan SUV ini untuk berkendara harian secara normal.

Baca juga: Simulasi Kredit Suzuki XL7 Hybrid, per Bulan Rp 5 Jutaan

Kompas Otomotif Challenge (KOC) 2023, komparasi waktu tepuh perjalanan Jakarta-Bandung memakai kereta cepat Whoosh dengan Suzuki XL7 HybridKOMPAS.com/Sendy Darlis Kompas Otomotif Challenge (KOC) 2023, komparasi waktu tepuh perjalanan Jakarta-Bandung memakai kereta cepat Whoosh dengan Suzuki XL7 Hybrid

Konsumsi BBM
Setelah digunakan berkendara harian dengan kondisi lalu lintas yang dinamis cenderung padat dan menempuh jarak sejauh 60 kilometer, pada panel instrumen menunjukkan konsumsi BBM rata-rata 13,3 kilometer per liter.

Dengan demikian, jika dihitung penggunaannya sampai 100.000 km atau lima tahun, dengan catatan jenis bensin yang digunakan adalah Pertamax dengan harga Rp 12.950 per liter (per 1 Maret 2024), uang yang perlu dikeluarkan mencapai Rp 97,4 juta. Artinya, butuh Rp 19,5 juta per tahun.

Baca juga: Fitur Andalan Suzuki XL7 Hybrid Alpha yang Tidak Dimiliiki Kompetitor

Mesin Suzuki XL7 Hybrid AlphaKompas.com/Donny Mesin Suzuki XL7 Hybrid Alpha

Biaya Perawatan
Penting bagi pemilik XL7 Hybrid melakukan perawatan berkala di bengkel resmi Suzuki. Tujuannya adalah untuk memastikan kondisi kendaraan pelanggan sesuai standar fabrikasi, dan pelanggan akan mendapatkan manfaat jaminan keamanan dan kenyamanan berkendara, serta jaminan garansi sampai 100.000 km atau lima tahun, tergantung mana yang tercapai terlebih dahulu.

Total untuk biaya perawatan hingga 100.000 km berdasarkan acuan buku servis, Suzuki XL7 Hybrid Alpha membutuhkan biaya Rp 5.026.000. Ongkos ini tergolong murah karena Suzuki memberikan paket servis gratis selama 40.000 km atau 24 bulan kepemilikan.

Sehingga, per bulannya hanya perlu mengeluarkan biaya sebesar Rp 83.766. Perlu dicatat, harga dapat berubah sewaktu-waktu.

Baca juga: Hitung Biaya Perawatan Suzuki XL7 Hybrid Alpha sampai 100.000 Km

Interior Suzuki XL7 Hybrid tipe AlphaKompas.com/Adityo Interior Suzuki XL7 Hybrid tipe Alpha
kics.kompas.com/login

Pajak Tahunan
Untuk tahun pertama, konsumen wajib membayar Pajak Kendaraan Bermotor (PKB). Selain itu, wajib juga membayar Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan (SWDKLLJ), penerbitan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK), dan penerbitan Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB).

Pada tahun kedua hingga tahun keempat, pemilik mobil hanya perlu membayar PKB dan SWDKLLJ. Lalu, pada tahun kelima, biaya seperti pada tahun pertama. Tapi, ada tambahan biaya pengesahan STNK sebesar Rp 50.000.

Sehingga, jika ditotal semuanya hingga lima tahun, jumlahnya mencapai Rp 22.995.000. Jika dibagi per tahun, maka pemilik Suzuki XL7 Hybrid Alpha harus menyiapkan dana sebesar Rp 4.599.000.

Baca juga: Beban Pajak Suzuki XL7 Hybrid Alpha, Per Tahun Rp 4 Jutaan

Suzuki XL7 Hybrid tipe AlphaKOMPAS.com/DONNY Suzuki XL7 Hybrid tipe Alpha

Biaya Kepemilikan
Jika semua dijumlahkan, estimasi biaya kepemilikan untuk Suzuki XL7 Hybrid tipe Alpha hingga lima tahun atau 100.000 km adalah sebagai berikut:

Konsumsi BBM Rp 19.500.000
Biaya Perawatan Rp 1.005.200
Pajak Tahunan Rp 4.599.000
Total Rp 25.104.200

Jika dibagi lagi per tahun maka pemilik XL7 Hybrid Alpha harus menyediakan uang setiap tahunnya sebesar Rp 5.020.840.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com