Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ulas Kenyamanan Berkendara di Balik Kemudi Suzuki XL7 Hybrid Alpha

Kompas.com - 02/03/2024, 10:22 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Suzuki XL7 Hybrid Alpha memiliki eksterior dan interior yang kental dengan nuansa sport utility vehicle (SUV). Kabinnya juga cukup lapang, menambah kenyamanan berkendara.

Selain kelapangan kabin, masih ada beberapa faktor lain yang menunjang kenyamanan berkendara harian menggunakan kendaraan elektrifikasi ini. Salah satunya adalah bagian jok.

Baca juga: Bahas Eksterior Suzuki XL7 Hybrid Alpha, Kental Aura SUV

Ternyata Jok pada XL7 Hybrid tipe Alpha ini terasa cukup empuk. Selain itu, joknya juga sudah dilapisi dengan kombinasi material kain dan kulit. Jadi, tidak hanya terasa nyaman, tapi juga terlihat lebih elegan.

Interior Suzuki XL7 Hybrid tipe AlphaKompas.com/Adityo Interior Suzuki XL7 Hybrid tipe Alpha

Soal posisi berkendara, postur 157 cm tidak merasakan ada kendala yang berarti. Visibilitas terasa optimal, pandangan ke depan tidak terhalang. Begitu pula dengan pandangan ke samping, juga pilar A dirasa tidak terlalu mengganggu.

Posisi mengemudi yang ergonomis pun bisa didapat dengan cukup mudah. Meskipun, pengaturannya masih manual, tapi tidak sampai mengurangi kenyamanan saat berkendara. Jarak dengan tombol-tombol yang ada di dasbor atau head unit juga terjangkau cukup baik dari posisi duduk.

Baca juga: Bahas Interior Suzuki XL7 Hybrid Alpha, Kabinnya Lapang

Untuk baris tengah, posisi duduknya masih terbilang nyaman. Ruang kaki dan ruang kepala yang disediakan juga cukup lapang, baik untuk penumpang dengan postur tubuh 170 cm sekalipun.

Interior Suzuki XL7 Hybrid tipe AlphaKompas.com/Adityo Interior Suzuki XL7 Hybrid tipe Alpha

Pada jok bagian tengah juga telah dilengkapi dengan arm rest. Tapi, untuk baris ketiga memang ruang yang diberikan tidak terlalu lapang. Untuk perjalanan jarak dekat mungkin masih baik-baik saja, tapi untuk perjalanan jarak jauh tidak senyaman baris kedua.

Kenyamanan lainnya ditunjang oleh suspensinya yang tidak terasa keras, tapi juga tidak terlalu empuk. Jadi, bisa dikatakan ada di tengah-tengahnya. Saat menemui speed trap, masih bisa meredam guncangan dengan baik. Saat bermanuver, mobil juga tidak terlalu limbung.

Baca juga: Video Mobil Rem Mendadak karena Kelewatan Exit Tol

Suzuki XL7 Hybrid tipe AlphaKOMPAS.com/DONNY Suzuki XL7 Hybrid tipe Alpha

Soal kenyamanan kabin, memang dirasa tidak standar saja. XL7 Hybrid Alpha tidak yang benar-benar kedap. Saat diukur dengan desibel meter dalam posisi idle, didapat angka 73,2 dB untuk maksimal dan 49,5 dB untuk minimal.

XL7 Hybrid tipe Alpha saat ini dipasarkan oleh PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) dengan harga Rp 304,9 juta (OTR Jakarta) untuk transmisi AT. Sedangkan transmisi MT, harganya Rp 293,9 juta (OTR Jakarta).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com