Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

XL7 Hybrid Dongkrak Penjualan Suzuki

Kompas.com - 26/09/2023, 15:01 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Pamor kendaraan elektrifikasi di Indonesia semakin naik. Sejumlah produsen mobil kini berlomba-lomba meluncurkan produknya dalam berbagai tipe, mulai dari hybrid, plug-in hybrid electric vehicle (PHEV), hingga battery electric vehicle (BEV) atau kendaraan listrik murni.

Peminat kendaraan elektrifikasi di Indonesia pun semakin banyak, salah satunya untuk mobil dengan teknologi hibrida.

Seiring dengan meningkatnya kesadaran masyarakat akan pentingnya kendaraan ramah lingkungan, kiprah kendaraan hybrid salah satu produsen asal Jepang, Suzuki, juga mengalami peningkatan.

Baca juga: Motor Hybrid Kawasaki Tertangkap Kamera, Segera Meluncur?

Pada Agustus 2023, Suzuki mencatat peningkatan penjualan ritel sebesar 12 persen dibandingkan dengan Juli 2023. Hal ini turut disumbang dari lini produk kendaraan ramah lingkungan seperti New XL7 Hybrid dan All New Ertiga Hybrid.

Data penjualan bulan Agustus 2023 membuktikan bahwa penjualan tertinggi Suzuki masih diduduki oleh New XL7 yang berkontribusi sebesar 22 persen dari total penjualan, di mana lebih dari setengahnya merupakan penjualan varian hybrid.

           Suzuki XL7 Hybrid                    SIS Suzuki XL7 Hybrid

Data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO) mencatat bahwa segmen passenger menyumbang 53 persen bagian dari total penjualan Suzuki di bulan Agustus 2023. Angka ini meningkat jika dibandingkan dengan kontribusi passenger-nya di bulan Juli 2023 yang sebesar 49 persen.

Dalam progresivitas di segmen passenger, secara khusus penjualan mobil hybrid juga menunjukkan peningkatan sebesar 15 persen dari penjualan hybrid Suzuki di bulan Juli lalu.

Selama bulan Agustus, penjualan mobil hybrid berada di angka 38 persen dari total penjualan mobil segmen passenger Suzuki.

Menurut Randy R. Murdoko, Asst. to Dept. Head 4W Sales PT SIS, peningkatan penjualan di bulan Agustus ini salah satunya juga dipengaruhi oleh ajang pameran otomotif yang rutin digelar pada bulan tersebut.

“Penjualan otomotif secara keseluruhan mengalami peningkatan di momentum-momentum besar seperti ajang pameran otomotif tahunan yang berlangsung di bulan Agustus lalu,” ucap Randy, Selasa (26/9/2023).

Randy melanjutkan, hal itu lantaran calon konsumen bisa diuntungkan oleh berbagai program dan promo yang memudahkan kepemilikan kendaraan.

Suzuki Ertigabanggawan Suzuki Ertiga

Setelah hampir satu tahun mendukung mobilisasi masyarakat Indonesia, penjualan All New Ertiga di bulan Agustus 2023 menunjukkan peningkatan sebesar 25 persen dibandingkan penjualan Juli 2023, dengan akuisisi penjualan sebesar 10 persen dari keseluruhan mobil Suzuki, dan menariknya 58 persen penjualannya adalah model hybrid.

Lebih rinci, New XL7 secara keseluruhan mengambil bagian penjualan sebesar 22 persen. Angka penjualan XL7 di bulan Agustus meningkat sebesar 23 persen dibandingkan dengan penjualan bulan Juli 2023, di mana 53 persen penjualannya merupakan sumbangsih dari model hybrid-nya.

Grand Vitara yang juga baru diluncurkan pada awal tahun ini turut menunjukkan peningkatan penjualan yang positif di bulan Agustus yaitu sebesar 46 persen dibandingkan penjualannya di bulan Juli 2023.

Tidak hanya segmen passenger, segmen komersial juga turut menunjukkan angka yang baik dengan partisipasi New Carry sebesar 47 persen dari total penjualan Suzuki di bulan Agustus 2023.

Secara keseluruhan, penjualan Suzuki bulan Agustus didominasi oleh produk lokal yang berkontribusi sebesar 84 persen secara ritel. Adapun kendaraan Suzuki yang diproduksi secara lokal seperti New XL7 Hybrid, All New Ertiga Hybrid, New Carry, dan APV.

Suzuki New Carry PU FD suzuki.co.id Suzuki New Carry PU FD

Sementara CBU Suzuki tercatat mengambil bagian sebesar 16 persen dari total penjualan, di mana Grand Vitara, S-Presso, dan Baleno menjadi kontributor utamanya.

Baca juga: Deretan Pikap Bekas Harga di Bawah Rp 70 Juta

“Suzuki melihat penetrasi kendaraan hybrid di masyarakat semakin bergerak menuju ke arah yang menjanjikan. Maka dari itu, ke depannya pun Suzuki berkomitmen untuk terus menghadirkan kendaraan ramah lingkungan yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat Indonesia,” kata Randy.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com