Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pentingnya Merawat Gir dan Rantai Sepeda Motor

Kompas.com - 29/02/2024, 16:42 WIB
Aprida Mega Nanda,
Aditya Maulana

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Rantai dan gir merupakan satu kesatuan agar keduanya dapat bekerja dengan baik. Tidak cuma rantai yang perlu diperhatikan, gir juga butuh perawatan.

Jangan sampai seperti wanita dalam video yang diunggah oleh akun Instagram Dashcam Owner Indonesia. Pada tayangan tersebut terlihat ban belakang sepeda motor yang tiba-tiba mengunci hingga membuatnya kehilangan kendali dan terjatuh.

Disebutkan peristiwa itu terjadi lantaran rantai atau gir sudah aus.

Baca juga: Fuso Bikin Filter Solar Buatan Lokal, Tekan Biaya Operasional

“Penyebab motor berhenti mendadak sampai terjatuh itu bisa jadi dari rantai terlepas dan nyangkut di gir atau arm, jadinya roda mengunci sendiri. Penyebabnya bisa karena usia sama setelannya terlalu kendor,” ucap Wahid Hidayatuloh, Service Advisor SPD Jakarta, kepada Kompas.com, Kamis (29/2/2024).

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Dash Cam Owners Indonesia (@dashcam_owners_indonesia)

Wahid melanjutkan, pemilik kendaraan sebaiknya sering melakukan pengecekan dan tidak berlebihan dalam penggunaan pelumas.

“Tipsnya sering di cek saja, untuk penyetelan rantainya juga jangan berlebihan menggunakan pelumas. Kalau sudah haus atau tajam harus diganti,” kata Wahid.

Baca juga: Honda WR-V jadi Model Paling Laris di IIMS 2024

Adapun untuk penggantian atau perawatan rantai dan gir disarankan tiga bulan sekali atau setiap 3.000 Km. Sedangkan jika sudah rusak, biaya penggantiannya mulai dari ratusan ribu.

“Untuk motor tipe bebek kurang lebih Rp 180.000,” kata Wahid.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com