Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Video Emak-emak Bikin Bingung, Kasih Sein Kiri Belok Kanan

Kompas.com - 29/02/2024, 14:01 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sudah menjadi rahasia umum bahwa wanita suka salah memberi kode lampu sein. Meski terlihat sepele tapi membingungkan pengendara lain di depan atau belakangnya.

Seperti dalam video yang diunggah akun Instagram, viralterus89, seorang pengendara motor membuntuti emak-emak yang sedang naik motor. Terlihat emak-emak itu memberikan sein ke kirin tapi belok kanan.

Baca juga: Ada Razia Besar-besaran, Industri Knalpot Lokal Nyaris Mati

Video tersebut kemudian makin 'lucu" karena emak-emak tersebut kemudian memberikan sein ke kanan namun ternyata berhenti di tengah jalan.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by viralterus89 (@viralterus89)

Kejadian emak-emak salah memberikan sein sebetulnya bukan sekali dua kali terjadi. Namun sekali lagi perilaku seperti itu jangan dibiasakan dan ditolerir terus menerus sebab membahayakan pengendara lain.

Training Director Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) Jusri Pulubuhu, mengatakan, perangai ibu-ibu berkendara di jalan sering meresahkan karena kurang paham konsep kesadaran mengenai bahaya.

Baca juga: Tambal Ban Model Cacing dan Tip Top, Mana yang Lebih Disarankan?

"Kita bisa melihat ibu-ibu di jalan pasang sein kanan belok ke kiri atau sein kiri belok kanan, atau malah terus, atau berjalan terlalu pelan di arus kencang yang mana membahayakan dirinya dan orang lain. Itu karena tidak paham konsep keselamatan," ujar Jusri kepada Kompas.com, Senin (29/2/2024).

lampu sein motorKompas.com/Fathan Radityasani lampu sein motor

Konsep sadar mengenai bahaya beda dengan safety riding, sebab berkendara aman ialah caranya. Sedangkan sadar bahaya mengenai kemampuan berpikir seseorang mengolah bahaya yang bisa terjadi.

Ibu-ibu, lanjut Jusri, kurang paham konsep bahwa jika manuvernya boleh jadi membahayakan dirinya sendiri dan pengguna jalan lain.

Lantas apa yang mesti dilakukan jika bertemu ibu-ibu yang bawa motor dan meresahkan di jalan.

Baca juga: Berpapasan di Tanjakan, Dahulukan Kendaraan yang Naik atau Turun?

"Kemudian kita juga perlu bersiap pada hal terburuk sebab dia bisa melakukan manuver yang tak pernah kita bisa duga. Bahkan berhenti gara-gara ada telepon berbunyi di tengah jalan. Itu ciri-ciri dari ibu-ibu," ujarnya.

Polisi ingatkan etika saat naik motor.Divisi Humas Polri Polisi ingatkan etika saat naik motor.

Agus Sani Head of Safety Riding Promotion Wahana, mengatakan ada beberapa kesalahan yang sering dilakukan pengendara wanita terkait lampu sein.

Baca juga: Suzuki Kantongi 1.200 SPK di IIMS 2024, 263 Unit dari Jimny 5 Pintu

Agus mengatakan tak sedikit pengendara wanita langsung memilih terjun ke jalan raya padahal mereka belum terlalu mahir mengendarai motor.

“Wanita biasanya belum memahami karakter motornya terlebih dahulu, seperti fungsi rem, gas, dan komponen lain seperti sein. Karena itu sering ditemui di jalan yang ingin belok kiri tetapi yang dinyalakan lampu sein kanan,” kata Agus.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com