Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Royal Enfield Siapkan Scram 450, Terasa Lebih Murah

Kompas.com - 29/02/2024, 10:42 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Royal Enfield siapkan motor baru buat mendominasi segmen motor 450cc. Apalagi terakhir sudah ada Himalayan 450 yang meluncur belum lama ini dan banyak yang menunggu model apa lagi yang keluar.

Bagi yang menunggu, sepertinya akan tidak sabar karena salah satu model yang pakai mesin 450cc sedang dites. Tertangkap kamera oleh Ragas, dikutip dari Rushlane, kemungkinan motor tersebut adalah Scram 450.

Sepertinya Scram 450 ini bakal jadi motor Royal Enfield paling murah di segmen mesin 450cc. Ada beberapa komponen yang diganti dari Himalayan, sebelumnya pakai upside-down, sekaran suspensi depan jadi teleskopik biasa.

Baca juga: Royal Enfield Tes Scram 650 dan Classic 650

Motor baru Royal Enfield Scram 450RUSHLANE Motor baru Royal Enfield Scram 450

Selain itu biar hemat, banyak komponen yang ada di Scram diambil dari Himalayan, seperti lampu depan LED. Suspensi belakang dan cakram depan dan belakang kemungkinan juga mengambil dari Himalayan.

Sedangkan komponen lain seperti tangki yang lebih meliuk, pelek alloy, cover suspensi, sampai bangku single seat disematkan pada Scram 450. Jadi ada bedanya juga dengan Himalayan.

Secara spesifikasi, pelek yang digunakan 17 inci di depan dan di belakang, beda dengan Himalayan yang belang. Ban belakang tampak lebar, menawarkan cengkeraman ke aspal yang baik.

Baca juga: Regulasi Kustomiasi Justru Cegah Mobil Motor Ilegal jadi Legal


Posisi duduk kelihatannya sanat nyaman. Joknya juga kemungkinan tidak lebih tinggi dari 800, jadi mudah dikendalikan.

Soal mesin, sepertinya sama dengan yang ada di Himalayan, artinya 452cc satu silinder dengan pendingin cairan. Tenaga yang dihasilkan 40 TK dengan torsi 40 Nm, dikawinkan dengan transmisi enam percepatan dengan slip & assist clutch.

Asumsi harga, kemugkinan akan lebih murah dari Himalayan karena absennya suspensi depan upside-down dan ABS yang bisa disetel. Jadi kemungkinan ada di harga yang kompetitif, lebih murah dari Triumph Speed 400 yang jadi lawannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com