Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kurangi Kemacetan, Jokowi Minta Masyarakat Naik Transportasi Umum

Kompas.com - 29/02/2024, 06:22 WIB
Dio Dananjaya,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Dalam acara peresmian Terminal Samarinda Seberang, Rabu (28/2/2024), Presiden RI Joko Widodo mengingatkan akan pentingnya transportasi umum untuk mengurangi pemakaian kendaraan pribadi.

Dengan begitu kemacetan parah yang terjadi hampir setiap hari di sejumlah kota-kota besar secara berangsur bisa hilang.

"Kalau kita lihat dari kota ke kota, di mana pun sekarang ini macet, macet, termasuk saya lihat di Samarinda, termasuk saya lihat di Balikpapan, termasuk saya lihat di Banjarmasin," ujar Jokowi, dilansir dari tayangan Youtube Sekretariat Presiden (28/2/2024).

Baca juga: Faktor yang Bikin Mobil Transmisi Manual Tidak Kuat Nanjak

Dalam acara peresmian Terminal Samarinda Seberang, Rabu (28/2/2024), Presiden RI Joko Widodo mengingatkan akan pentingnya transportasi umum untuk mengurangi pemakaian kendaraan pribadi.Dok. Kemenhub Dalam acara peresmian Terminal Samarinda Seberang, Rabu (28/2/2024), Presiden RI Joko Widodo mengingatkan akan pentingnya transportasi umum untuk mengurangi pemakaian kendaraan pribadi.

“Oleh sebab itu, kita harus mendorong lagi transportasi massal, transportasi umum agar penggunaan kendaraan pribadi berkurang,” kata dia.

Jokowi mengilustrasikan Kota Jakarta yang macet di semua titik selama bertahun-tahun, meskipun sudah ada transportasi umum semacam KRT, KRT, MRT, Kereta Cepat, hingga Transjakarta.

“Oleh sebab itu, kota-kota selain Jakarta harus mempersiapkan diri, pentingnya transportasi umum, pentingnya transportasi massal,” ucap Jokowi.

Baca juga: Pengguna Mobil Manual Jangan Sembarangan Memainkan Setengah Kopling

“Dan saya senang pada sore hari ini, melihat pembangunan Terminal Samarinda Seberang. Tadi Pak Wali menyampaikan, dulunya ini kumuh sekali pak. Di mana-mana, terminal itu mesti kumuh, kotor, tidak tertata, banyak premannya,” ujarnya.

Dengan melakukan renovasi pada Terminal Samarinda Seberang diharapkan terminal menjadi lebih bersih, rapi, tertata, dan akan mendorong masyarakat secara berbondong-bondong menggunakan transportasi umum.

“Dari sini akan bisa ke Balikpapan, dari sini bisa ke Banjarmasin, saya rasa akan sangat baik kalau menggunakan transportasi umum dan tidak menggunakan transportasi pribadi. Ini untuk sekali lagi mengurangi kemacetan di semua kota yang kita miliki,” kata Jokowi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com