Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berkeliling IIMS 2024, Jokowi Sebut Mobil Listrik merupakan Masa Depan

Kompas.com - 15/02/2024, 11:02 WIB
Gilang Satria,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) resmi membuka pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024 di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, Kamis (15/2/2024).

Usai membuka acara Jokowi bersama Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmitha, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, dan Menteri Investasi/Badan Penanaman Modal Bahlil Lahadalia berkeliling tempat acara.

Baca juga: Bocoran MG Maxus 9 yang Akan Meluncur di IIMS 2024

Presiden Joko Widodo (Jokowi) berkujung ke booth BYD di IIMS 2024KOMPAS.com/DAFFA Presiden Joko Widodo (Jokowi) berkujung ke booth BYD di IIMS 2024

Menurut Jokowi, IIMS 2024 semakin baik karena saat ini menampilkan banyak produsen kendaraan listrik. Jokowi menilai kendaraan listrik, baik mobil maupun sepeda motor listrik, akan menjadi masa depan industri otomotif.

"Saya melihat baik. Banyak yang dipamerkan, mobil listrik. Ya memang masa depan mobil listrik karena kita memiliki bahan baku nikel dan yang lainnya," kata Jokowi di lokasi.

Di IIMS 2024, Jokowi menyempatkan berkunjung ke booth VinFast. Jokowi juga sempat masuk ke area kabin salah satu unit mobil listrik, VinFanst VF5.

Baca juga: Sambutan Hangat Jokowi pada VinFast di Indonesia

Presiden Joko Widodo (Jokowi) buka IIMS 2024KOMPAS.com/Ruly Kurniawan Presiden Joko Widodo (Jokowi) buka IIMS 2024

Seperti diketahui, IIMS 2024 akan digelar selama 10 hari mulai 15-25 Februari 2024. Pameran tahun ini menarik karena dibuka sehari setelah Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Meski digelar mepet setelah Pemilu 2024, IIMS 2024 diharapkan bakal menarik lebih dari 470.000 pengunjung selama 11 hari pameran, dengan target transaksi mencapai Rp 5,3 triliun.

Target tersebut dianggap realistis sebab IIMS 2024 menampilkan berbagai model serta merek baru yang hadir di Indonesia, di antaranya BYD dan VinFast, produsen mobil listrik asal China dan Vietnam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com