Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jajal Kabin MG Maxus 9, MPV Listrik yang Dicoba Presiden Jokowi

Kompas.com - 20/02/2024, 17:11 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Morris Garage (MG) datang ke pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024 dengan meluncurkan dua senjata baru, yaitu mobil listrik MG ES EV dan Maxus 9.

Kedua mobil itu menjadi bintang di booth MG Motor Indonesia setelah didatangi oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat pembukaan pameran. Jokowi bahkan berkesempatan naik ke kabin Maxus 9.

Baca juga: Begini Cara Menyalakan Mesin Mobil yang Benar

Maxus 9 merupakan mobil multi purpose vehicle (MPV) mewah yang dapat disetarakan dengan Toyota Alphard dan BYD Denza D9. Sayangnya meski sudah tampil MG Motor Indonesia belum merilis harga resmi.

Presiden Joko Widodo turut mencoba MG Maxus 9 saat berkunjung ke booth MG di IIMS 2024Foto: MG Motor Indonesia Presiden Joko Widodo turut mencoba MG Maxus 9 saat berkunjung ke booth MG di IIMS 2024

Redaksi Kompas.com yang penasaran dengan Maxus 9 mencoba duduk masuk ke kabin untuk merasakan kenyaman mobil yang juga dijual oleh Indomobil Group dengan nama Maxus Mifa 9 tersebut.

Interior Maxus 9 dirancang untuk memberikan kenyamanan seperti di rumah sendiri dengan ruang kabin yang lapang, kursi kulit Nappa Leather, dan fitur-fitur canggih.

Masuk ke kabin baris kedua Maxus 9 terasa aura elegan yang berbeda. Mayoritas warna kabinnya dibuat gelap, mulai dari jok dan door trim warna hitam, namun bagian plafon warna krem yang membuat sejuk.

Baca juga: Jawaban Honda untuk Mobil Listrik di Indonesia

Pada bagian baris kedua, konfigurasi jok captain seat punya fitur penghangat dan delapan mode pijat. Kendali dilakukan lewat layar sentuh di tiap kursi untuk mengakses seluruh pilihan fiturnya.

 


Maxus 9 merupakan mobil multi purpose vehicle (MPV) mewah yang dapat disetarakan dengan Toyota Alphard dan BYD Denza D9. Sayangnya meski sudah tampil di IIMS 202 4MG Motor Indonesia belum merilis harga resmi.Foto: KOMPAS.com/Mega Nanda Maxus 9 merupakan mobil multi purpose vehicle (MPV) mewah yang dapat disetarakan dengan Toyota Alphard dan BYD Denza D9. Sayangnya meski sudah tampil di IIMS 202 4MG Motor Indonesia belum merilis harga resmi.

Bentuk joknya bisa menopang bagian kepala dengan nyaman, dan punya arm rest panjang yang cukup lebar untuk menaruh lengan saat duduk di bangku penumpang.

Kemudian joknya dilapisi dengan kulit nappa leather yang mewah, kursi-kursi ini juga menawarkan penyesuaian elektrik untuk menjamin kenyamanan setiap penumpang.

Baca juga: Kalau Alva Jual Motor Listrik Murah, Tetap Cita Rasa Premium

Keunggulan lainnya, bangku ini dapat dioperasikan secara elektris untuk mengatur sandaran kursi dan kaki yang bisa diatur maju dan mundur serta memiliki cup holder dan meja lipat.

Keunggulan lain kursi pengemudi dapat diatur hingga delapan arah, sementara kursi penumpang dapat diatur otomatis hingga empat arah.

MG Maxus 9 saat berkunjung ke booth MG di IIMS 2024Foto: MG Motor Indonesia MG Maxus 9 saat berkunjung ke booth MG di IIMS 2024

Bicara kelapangan jok pada dasarnya tidak jauh berbeda dengan Alphard. Namun patut diketahui dimensi Maxus 9 lebih besar dari Alphard, dengan dimansi panjang 5.270 mm, lebar 2.000 mm dan tinggi 1.840 mm.

Baca juga: Alva Klaim Pimpin Segmen Pasar Motor Listrik Premium

Kenyamanan penumpang juga ditunjang fitur canggih seperti layar hiburan 12.3 inci yang bisa terkoneksi dengan ponsel, wireless charger, dan ambient light 64 warna dan sembilan colokan USD untuk isi daya gawai.

Sebagai tambahan kenyamanan kabin didukung AC modular otomatis dengan PM 2.5 Air Purifier yang memastikan sirkulasi udara di dalam kabin tetap terjaga.

Fitur lainnya ialah atap dual sunroof dengan rear panoramic sunroof untuk menikmati nuansa terang, udara segar, dan pemandangan langit agar perjalanan menjadi lebih dari sekadar perpindahan dari satu tempat ke tempat lain.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com