Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Video Pengendara Motor Nyaris Jadi Korban Jambret Ponsel

Kompas.com - 28/02/2024, 06:42 WIB
Aprida Mega Nanda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Viral di media sosial, video yang memperlihatkan pengendara motor nyaris menjadi korban pencurian ponsel.

Rekaman tersebut diunggah oleh akun Instagram jakut.info, Selasa (27/2/2024). Dalam tayangan tersebut mulanya memperlihatkan pengendara motor yang menaruh ponselnya di area atas setang dekat panel meter atau kerap disebut dasbor.

Tak berselang lama, muncul pengendara motor lain dan langsung merampas ponsel perekam video yang terletak di dasbor. Beruntung, ponsel tersebut tidak berhasil dirampas oleh sang pelaku.

Baca juga: Kijang Innova Zenix Hybrid Jadi Produk Terlaris Toyota di IIMS 2024

Belum diketahui kapan dan di mana peristiwa ini terjadi. Namun, kejadian tersebut bisa menjadi pelajaran bagi para pengendara motor untuk tidak menaruh barang berharga di dasbor motor. Sebab, hal tersebut sangat berbahaya dan mengundang kejahatan.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by JAKARTA UTARA INFO (@jakut.info)

Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana mengatakan, kebiasaan menaruh ponsel di atas setang merupakan peluang terjadinya kejahatan.

“Ini memancing kejahatan. Sudah tahu penjahatnya memang mencari peluang. Jadi jangan pernah taruh barang sembarangan,” ucap Sony, kepada Kompas.com.

Sonye melanjutkan, kebiasaan menaruh ponsel di dasbor sama saja mengundang pelaku kejahatan untuk melancarkan aksi mereka.

Baca juga: Kijang Innova Zenix Hybrid Jadi Produk Terlaris Toyota di IIMS 2024

“Kembali kepada kebiasaan menurut saya, yang dilakukan pengendara motor itu stand by bahkan kalau bisa sambil menyetir. Otomatis penjahat tinggal tunggu kesempatan dan peluang pemilik kendaraan lengah.

Tak lupa, Sony juga mengimbau pengguna roda dua untuk membiasakan mengamankan barang-barang berharga di tempat yang aman, tertutup, dan jauh dari jangkauan penjahat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com