Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BYD Siapkan Baterai Motor Listrik, Pakai Blade Battery

Kompas.com - 27/02/2024, 17:41 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Build Your Dreams (BYD) merupakan salah satu produsen baterai terbesar di dunia. Dengan teknologi Blade Battery, BYD kabarnya juga akan memproduksi baterai untuk sepeda motor listrik.

Dikutip dari Carnewschina.com, Selasa (27/2/2024), baterai Lithium Ferro Phosphate (LFP) buatan BYD sudah dipakai banyak kendaraan listrik dari berbagai merek, khususnya roda empat.

Sebelumnya, penggunaan massal untuk motor listrik, sepeda listrik, atau kendaraan roda dua lainnya masih dihindari.

Baca juga: Update Daftar Harga Mobil Listrik Februari 2024, Bertambah BYD

Strategi tersebut akan berubah dalam waktu dekat. BYD sudah mengumumkan akan meningkatkan investasinya dan penelitian dan pengembangan untuk mengembangkan baterai motor listrik.

Blade Battery yang diproduksi FinDreams, anak perusahaan BYD, di Chongqing.KOMPAS.com/Azwar F Blade Battery yang diproduksi FinDreams, anak perusahaan BYD, di Chongqing.

FinDreams, anak perusahaan baterai yang dimiliki oleh BYD, mengumumkan bahwa pihaknya akan memproduksi baterai yang aman dan kuat untuk pasar roda dua.

FinDreams akan berkolaborasi dengan berbagai pihak ketiga untuk mengembangkan baterai yang dapat ditempatkan di dalam ruangan.

"Misi kami adalah membuat orang dapat menggunakan baterai tanpa rasa khawatir," tulis pengumuman perusahaan tersebut.

Baca juga: Modifikasi BYD Atto 3, Lebih Kekar dan Padat

Pasalnya, di China ada banyak kasus kebakaran yang diakibatkan oleh baterai kendaraan listrik roda dua. Kendaraan tersebut ditempatkan di dalam rumah atau di garasi. Sehingga, beberapa kota di China ada yang melarang warganya untuk menyimpan skuter listrik atau sepeda listrik di dalam ruangan.

Motor listrik asal Singapura, Scorpio X1Dok. iMotorbike Motor listrik asal Singapura, Scorpio X1

BYD sudah memiliki pengalaman dengan sepeda motor listrik. Pada Juli 2023, BYD menandatangani kontrak dengan merek kendaraan roda dua asal Singapura, Scorpio Electric, untuk merakit skuter listrik pertamanya, X1, di Shenzhen untuk pasar Tiongkok.

Meskipun X1 diproduksi oleh BYD, namun tidak dilengkapi dengan baterai LFP BYD, melainkan dengan baterai dari Samsung.

Selain itu, pada 2022, BYD bekerja sama dengan merek sepeda motor Spanyol, Nerva, untuk memasok baterai LFP. Nerva Exe E-Scooter diluncurkan pada bulan Februari di tahun yang sama dengan baterai LFP 5,76 kWh dan dapat mengisi daya 0-80 persen dalam waktu 3,5 jam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com