Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bocoran Mobil Hybrid MG yang Bakal Masuk Indonesia

Kompas.com - 26/02/2024, 08:22 WIB
Gilang Satria,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Morris Garage (MG) Motor Indonesia berencana terus penetrasi di segmen elektrifikasi. Tak cuma mobil listrik murni tapi juga akan membawa mobil hybrid ke Indonesia.

Arief Syarifudin, Marketing & PR Director MG Motor Indonesia, mengatakan, jika sesuai rencana makan mobil hybrid pabrikan asal Inggris kepunyaan China itu akan meluncur tahun ini.

Baca juga: Chery Bawa Pulang Empat Penghargaan pada IIMS 2024

"Ada kemungkinan untuk masuk ke hybrid, ada. Tahun ini," ujar Arief kepada Kompas.com di JIExpo, Kemayoran, Jakarta, pekan lalu.

MG Maxus 9KOMPAS.com/Gilang MG Maxus 9

Arief masih menutup keran informasi mengenai model baru tersebut. Namun, sedikit membocorkan bahwa mobil tersebut akan berada di segmen SUV, segmen yang melambung atau sedang tren baik di global dan Indonesia.

"Apakah MG mau bermain ke situ (hybrid), kalau itu dibutuhkan dan maka segera. Paling hits di Indonesia itu apa SUV kan," ujar Arief.

Baca juga: BMW Motorrad Sabet Dua Penghargaan di IIMS 2024

Rencana MG tersebut membawa model hybrid juga bertepatan dengan wacana pemerintah mengkaji pemberian insentif tambahan untuk mobil listrik berteknologi hybrid.

Sebelumnya, saat pembukaan ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024 (15/2/2024), Menteri Koordinator Bidang Perekonomian RI Airlangga Hartarto menyatakan, pemerintah akan mengkaji pemberian subsidi untuk mobil hybrid.

MG4 EV buatan lokal di IIMS 2024KOMPAS.com/ JANLIKA PUTRI MG4 EV buatan lokal di IIMS 2024

Baca juga: Rahasia Keunggulan 3 Mobil Listrik BYD yang Ada di IIMS 2024

Rencana tersebut menyusul perkembangan hybrid electric vehicle (HEV) yang masuk dalam kendaraan rendah emisi, dianggap berkontribusi cukup besar dalam menekan emisi dan penjualannya masif dalam dua tahun belakangan.

"Poinnya waktu saya kaji mengenai hybrid potensinya cukup besar. Apalagi ini ada wacana kajian yang bisa diberikan berapa insentif, bukan hanya BEV tapi juga hybrid," ujarnya.

"Saya menanggapinya sangat senang kenapa karena balik lagi, saya bicara portofolio, dan portofolio MG untuk hybrid sudah lengkap," ungkap Arief.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com