Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada Baterai, All New Honda CR-V Hybrid Cuma Muat 5 Penumpang

Kompas.com - 21/02/2024, 17:41 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Honda Prospect Motor (HPM) memajang mobil hybrid dengan teknologi e:HEV, yakni All New CR-V Hybrid di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024.

Mobil ini dibekali dengan desain yang tangguh khas SUV dengan grill trapesium di bagian depan serta lampu LED yang atraktif.

Melihat bagian kabin, All New CR-V Hybrid hanya dibekali kapasitas lima penumpang. Berbeda dengan dengan All New CR-V Turbo yang bisa memuat kapasitas hingga tujuh penumpang.

Baca juga: Beli Wuling Cloud EV di IIMS 2024 Belum Bisa Dipakai Mudik

Untuk diketahui, All New CR-V Hybrid dilengkapi dengan baterai lithium-ion berkapasitas 1,06 kWh yang ditempatkan di bagian belakang.

Baterai tersebut diletakkan di bagian belakang body, tepatnya di bagasi. Dengan adanya baterai tersebut, All New CR-V Hybrid hanya dapat menampung lima penumpang.

All New Honda CR-V e:HEV alias All New CR-V HybridKompas.com/Adityo All New Honda CR-V e:HEV alias All New CR-V Hybrid

Hirofumi Hanafusa, Engineering Design Development Leader, From Automobile Development Leader, From Automobile Development Center Automobile Operations Honda mengatakan, bagian yang diutamakan adalah ruang. Bagaimana bisa memberikan ruang yang lega untuk penumpang.

“Kalau baterai diletakkan di bawah bangku penumpang depan, maka mungkin akan mengganggu penumpang ketika duduk,” ujar Hanafusa, belum lama ini.

Selain mengutamakan kenyamanan penumpang, alasan lainnya berhubungan dengan efisiensi produksi. Sebab, struktur rangka dan bodi yang digunakan pada All New CR-V Hybrid, digunakan juga pada All New CR-V Turbo.

Baca juga: Chery Tiggo 5 X Meluncur di IIMS 2024, Harga Spesial mulai Rp 249 Juta

“Jadi, untuk menyeragamkan struktur bodiya. Dari sisi pengembangan tidak membuat biayanya tinggi dan lain-lain. Maka itu, baterainnya diletakkan di belakang,” kata Hanafusa.

Pada mobil hybrid lainnya, baterai tersebut ada yang diletakkan di bagian depan. Tepatnya di bawah bangku penumpang baris pertama.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com