Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alasan Tim Balap Toyota Indonesia Ganti Nama Pakai Gazoo Racing

Kompas.com - 21/02/2024, 10:42 WIB
Gilang Satria,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kehadiran Gazzo Racing sebagai divisi balap Toyota global ikut mengubah nama tim pabrikan balap Toyota di Indonesia dari Toyota Team Indonesia (TTI) menjadi Toyota Gazoo Racing Indonesia (TGRI).

Meski namanya berubah namun tim yang mengikuti beberapa kejuaraan mulai kompetisi di ajang slalom, balap touring dan juga reli itu tetap berada di bawah Toyota Astra Motor (TAM) sebagai agen pemegang merek Toyota.

Baca juga: Diskon Suku Cadang dan Aksesori Suzuki di IIMS 2024

Perubahan nama tim pabrikan balap Toyota di Indonesia dari Toyota Team Indonesia menjadi Toyota Gazoo Racing Indonesia (TGRI) menjadikan nama tim lebih global.KOMPAS.com/Gilang Perubahan nama tim pabrikan balap Toyota di Indonesia dari Toyota Team Indonesia menjadi Toyota Gazoo Racing Indonesia (TGRI) menjadikan nama tim lebih global.

Dimitri Fitra Ditama, Direktur TGRI mengatakan, Toyota Gazoo Racing Indonesia resmi ganti nama pada 2022. Perubahan ini agar sejalan dengan tema global Toyota.

"Memang kami sudah lama terkenal dengan Toyota Team Indonesia sejak 1989, dam kami ganti nama jadi Toyota Gazzo Racing Indonesia pada 2022," ujar Dimitri di acara talk show motorsport di IIMS 2024, Senin (19/2/2024).

"Jadi sebetulnya kalau bicara transisi sejak ada Toyota Gazzo Racing di global kami sudah mulai transisi cuma memang secara nama kami baru 2022," ujarnya.

Baca juga: Alva Tawarkan Tukar Tambah Motor Listrik di IIMS 2024

Toyota Gazoo Racing Indonesia (TGRI) DOK. Toyota Gazoo Racing Indonesia (TGRI) Toyota Gazoo Racing Indonesia (TGRI)

Dimitri mengatakan, jika bicara soal kenapa ganti namanya baru pada 2022 sebetulnya balik lagi kepada arahan Toyota. Namun dia mengakui dengan ganti nama maka tim kini berada di bawah payung besar GR.

"Dengan ganti nama jadi tim balap ini semakin mendunia dengan adanya payung Gazoo Racing ini sendiri. Kalau dulu kan Toyota Team Indonesia di Indonesia dan masing-masing negara lain punya nama sendiri dengan adanya GR brand ini semua jadi satu," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com