Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sensasi Singkat Geber Mitsubishi XForce di IIMS 2024

Kompas.com - 21/02/2024, 13:31 WIB
Stanly Ravel

Editor

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Hadir meramaikan Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024, PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) juga menyediakan beberapa produk untuk dijajal konsumen di area test drive.

Salah satunya XForce yang jadi sport utility vehicle (SUV) terbaru Mitsubishi, sekaligus rival bagi Hyundai Creta, Toyota Yaris Cross, dan Honda HR-V di Tanah Air.

Meski bukan termasuk produk baru, tapi kehadiran XForce di arena test drive tetap mencuri perhatian. Hal ini yang membuat redaksi kembali ikutan merasakan sensasi singkat berkendara XForce di arena IIMS 2024.

Baca juga: Impresi Singkat Mitsubishi L100 EV [Video]

Bicara soal desain tak perlu lagi dibahas panjang lebar. Secara visual, Mitsubishi XForce punya modal kuat untuk bersaing melalui kesan sporty dan futuristik yang dibalut dengan desain generasi terbaru dari konsep dynamic shield.

Tampilan modern Smartphone-Link Display Audio berukuran 12.3 inci dan Digital Driver Display berukuran 8 inci pada bagian dasbor Mitsubishi XFORCE.Dok. MMKSI Tampilan modern Smartphone-Link Display Audio berukuran 12.3 inci dan Digital Driver Display berukuran 8 inci pada bagian dasbor Mitsubishi XFORCE.

Masuk ke kabin, XForce Ultimate yang jadi tipe tertinggi sudah bekali interior mewah dengan kelengkapan beberapa fitur mewah serta model layout dasbor yang ringkas dan driver oriented.

Kenyamanan pengendara dan penumpang ditunjang dengan beberapa fitur andalan, dari dual zone auto climate control dengan nanoE, ambient lighting, smartphone-link display audio dan digital drive display, serta Dynamic Sound Yamaha Premium yang menemai redaksi sepanjang melakukan pengetesan singkat.

Baca juga: Honda Sambut Positif Wacana Insentif Mobil Hybrid

Bicara soal posisi berkendara, bisa dibilang XForce cukup proper. Posisi kemudi bisa diatur secara tilt dan juga telescopic, joknya dengan desain booster juga mampu menopang tubuh dengan baik.

Audio Mitsubishi XFORCE mampu menghasilkan kualitas suara menggelegar karena menggunakan Dynamic Sound Yamaha Premium.Dok. MMKSI Audio Mitsubishi XFORCE mampu menghasilkan kualitas suara menggelegar karena menggunakan Dynamic Sound Yamaha Premium.

Soal performa, XForce menggunakan mesin 1.500 cc MIVEC yang bisa memproduksi tenaga hingga 103,2 Tk di 6.000 rpm dan torsi sebesar 141 Nm pada putaran 4.000 rpm, dan disalurkan melalui transmisi CVT.

Ketika dihidupkan, suara mesin terdengar senyap di dalam kabin yang menjadi indikasi bila tingkat kekedapannya cukup baik.

Baca juga: Kisruh Gorengan Harga Suzuki Jimny 5 Pintu, Begini Regulasi Resminya

Mitsubishi XForce di IIMS 2024MMKSI Mitsubishi XForce di IIMS 2024

Bicara soal impresi berkendara, memang masih sama seperti yang sebelumnya dilakukan. Putaranya bawahnya cukup responsif, sementara bicara handling juga cukup baik ketika redaksi mencoba untuk bermanuver untuk u-turn.

Melintasi rumble strip berukuran sedang yang dibuat seperti polisi tidur dengan kecepatan 20 kpj, tak membuat XForce mengalami guncangan berat.

Sistem suspensinya masih mampu meredam dengan baik, bantingan suspensi juga terasa cocok untuk sebuah mobil yang menyandang DNA SUV.

XForce sendiri sebenarnya sudah dilengkapi dengan empat mode berkendara atau drive mode yang jadi salah satu fitur unggulan dan terdiri dari Normal, Wet, Gravel, dan Mud. Tapi selama pengetesan di area test drive IIMS 2024, cukup menggunakan normal.

Baca juga: Melihat Mobil Listrik Bongsor Hyundai Seven Concept di IIMS 2024

Mitsubishi XForce di IIMS 2024mm Mitsubishi XForce di IIMS 2024

Soal harga, Mitsubishi memasarkan XForce dari Rp 379.900.000 untuk tipe Exceed CVT, dan Rp 412.900.000 untuk Ultimate yang jadi varian tertingginya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com