Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Restomod Honda Magna 750, Motor Cruiser Jadul Langka

Kompas.com - 20/02/2024, 09:22 WIB
Gilang Satria,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Motor cruiser memang punya pesona tersendiri, termasuk buat Wibowo Mukti yang kepincut motor "jadul" Honda Magna 750 keluaran 1997.

Pria yang berprofesi sebagai pekerja di pertambangan di Papua ini kepincut dengan "style" Honda Magna 750. Motor bergaya cruiser yang selama ini lekat dengan gaya chopper khas Harley-Davidson.

Baca juga: Suzuki Pastikan Distribusi Ertiga Hybrid Tidak Akan Mandek

Jodoh hadir waktu Mukti tugas di Lombok, NTB, dia melihat ada Honda Magna 750 yang dijual. Tanpa pikir panjang motor bermesin V-Twin itu pindah tangan meski saat itu kondisinya kurang terawat.

Honda Magna 750Foto: Wahyu Diwa Honda Magna 750

Mukti kemudian memercayakan motornya kepada Wahyu Diwa, penggawa Diwa Creative Studio di Depok, Jawa Barat. Konsepnya restomod, alias restorasi dan modifikasi ringan agar segar dan ganteng.

"Saya memperoleh kepercayaan untuk merestorasi unit ini. Kaki-kaki diganti karena antisipasi bila nanti akan ganti ban menjadi lebih mudah mengingat ban awalnya 18 inci depan dan 15 inci diganti ring 17 inci," kata Diwa kepada Kompas.com, Senin (19/2/2024).

Baca juga: Komunitas Toyota Calya Gelar Touring ke Sumatera Barat

Selain kaki-kaki, Diwa juga mengubah bentuk jok agar posisi mengemudi lebih nyaman. Jok dibuat menjadi terpisah berbeda dengan bentuk awalnya.

Honda Magna 750Foto: Wahyu Diwa Honda Magna 750

"Tangki yang sudah parah diganti dengan tangki hand made bahan pelat 1,2 mm, termasuk sepatbor depan," ujar Diwa.

"Suspensi masih menggunakan bawaan hanya depan di modifikasi dual cakram dengan membuat braket di sisi kanan tabung. Spidometer ganti dengan digital biar lebih ok," katanya.

Diwa mengatakan pada dasarnya ubahan di motor tidak ada kendala. Paling hanya mengenai penggantian kaki-kaki karena menyamakan besaran as asli terhadap pelek ubahan yang baru.

Baca juga: Hyundai Berencana Perbanyak Jumlah SPKLU di 2024

Honda Magna 750Foto: Wahyu Diwa Honda Magna 750

"Saya menggunakan aftermarket Vixion tahun lalma. Tidak sampai di situ permasalahan ada di area gir di mana saya harus menyamakan dengan napgir Vixion sehingga harus mengakali gir bawaan Magna," ujarnya.

Sisanya hanya detail pemanis seperti knalpot yang semuanya dibuat ulang menggunakan stainless. Terakhir, surat-surat kelengkapan motor diurus lagi sampai hidup.

Honda Magna 750 1997

  • Suspensi depan original di customize by diwa
  • Lampu sein dan stop lamp original
  • Lampu depan daymaker 575
  • Knalpot hand made diwamotoworks
  • Setang original
  • Tangki dan fender hand made plat 1,2 mm
  • Pelek Vixion 17 inci
  • Ban dual purpose 160 -130 /17
  • Jok custom by diwa motoworks
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com