Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Suzuki Lagi Riset Kei Car Baru buat Dijual di Indonesia

Kompas.com - 18/02/2024, 18:31 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Belum lama ini penampakan Suzuki Hustler, Lapin, dan Spacia muncul ke permukaan. Publik pun bertanya apakah Suzuki siap memasarkan kei car lagi di pasar Indonesia?

Seperti diketahui, model kei car Suzuki belum ada yang melanjutkan setelah Karimun Wagon R resmi disuntik mati pada 2021.

Sementara itu, saat ini tinggal Suzuki S-Presso, model yang akan bersaing di level mobil murah. Meskipun cukup diminati, tapi mobil ini terlalu kental dengan ciri khas India.

Baca juga: Dicoba Jokowi, MG 4 EV Jadi Pusat Perhatian di IIMS 2024

Suzuki Karimun KotakOLX Suzuki Karimun Kotak

Padahal Suzuki sudah terkenal dengan kei car-nya sejak dikenalkannya Karimun generasi pertama pada 1999.

Randy Murdoko, Dept. Head 4W Sales PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), mengaku pihaknya sedang melakukan studi terkait mobil berukuran kecil dengan harga bersahabat.

“Intinya kami coba semua potensi, termasuk itu. Kami melakukan riset lah, kalau memang ada marketnya why not? Tapi kan sekali lagi, keren tapi kan harus (mempertimbangkan volume),” ujar Randy di Jakarta (17/2/2024).

Baca juga: Ciri Odometer pada Mobil Bekas Pernah Dimundurkan

Randy mengatakan, saat ini kehadiran kei car harus mempertimbangkan harga. Pasalnya, di negara asalnya kei car bukanlah sebuah mobil murah.

Kei car bahkan jadi model yang memiliki teknologi lengkap, dari fitur keamanan, hiburan, hingga sistem penggerak 4WD.

Tak heran apabila Suzuki masih menggodok kehadiran produk baru di segmen kei car, terutama saat mempertimbangkan harga jualnya nanti.

Baca juga: Rahasia BYD, Pabrikan Otomotif China Bisa Mendunia

Suzuki Karimun Wagon R Special EditionSIS Suzuki Karimun Wagon R Special Edition

“Kalau pendapat saya pribadi memang price bucket penting, kontribusi market paling besar kan LCGC. Dibilang kita mempertimbangkan market itu, pasti,” ucap Randy.

“Setiap produk yang kami ajukan, kami proses, tentunya akan menyesuaikan dengan regulasi pemerintah. Karena setiap LCGC, LCEV, bahkan BEV, untuk bisa mendapatkan keringan PPnBM kan ada regulasinya,” ujarnya.

Sebelumnya, Suzuki telah dirumorkan akan membawa kei car untuk pasar Indonesia. Indikasi ini terungkap dari dua mobil kei car yang terparkir di salah satu diler Suzuki.

Baca juga: Intip Spesifikasi Hyundai Creta Alpha yang Meluncur di IIMS 2024

Salah satu mobil Suzuki terlaris di Jepang, Spacia di diler Suzuki Arena Ota, Tokyo, Rabu (24/10/2023).KOMPAS.com/Agung Kurniawan Salah satu mobil Suzuki terlaris di Jepang, Spacia di diler Suzuki Arena Ota, Tokyo, Rabu (24/10/2023).

Tenaga penjual Suzuki mengatakan, kei car tersebut sedang di tes pasar di Indonesia, dan kabarnya akan diluncurkan pada akhir 2024.

“Ada tiga model yang akan diluncurkan Hustler, Lapin sama Spacia. Semua bakal masuk Indonesia mulai akhir tahun 2024 ini,” kata tenaga penjual Suzuki, kepada Kompas.com (9/1/2024).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com