Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Honda N-VAN EV, Kei Car Listrik yang Mejeng di IEMS 2023

Kompas.com - 22/09/2023, 08:02 WIB
Aprida Mega Nanda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pameran kendaraan listrik Indonesia Motor Electric Motor Show (IEMS) 2023 kembali digelar. Kali ini IEMS 2023 digelar di ICC Building BRIN, Kawasan Sains Teknologi (KST) Soekarno di Cibinong, Jawa Barat, pada 20-23 September 2023.

Salah satu produsen otomotif yang ikut serta dalam pameran tersebut adalah Honda, yang menampilkan dua mobil listrik yaitu Honda e dan Honda N-VAN EV Prototype.

Partisipasi Honda dalam ajang IEMS 2023 merupakan lanjutan dari visi elektrifikasi Honda di mana sebelumnya Honda telah meluncurkan produk berbasis baterai yaitu All New Honda CR-V RS e:HEV di GIIAS 2023.

Baca juga: Quartararo Pesimis Bisa Dominasi MotoGP India 2023

Bicara soal Honda N-VAN EV Prototype, mobil ini sebetulnya merupakan Honda N-Box versi listrik. Kei car Honda N Series ini termasuk salah satu mobil yang populer di pasar domestik Jepang, sejak diperkenalkan pada 2018.

N-Van EV Prototype ini memiliki dimensi panjang 3,395 meter, lebar 1,475 meter, dan tinggi 1,95 meter, bentuknya yang mengotak cocok dijadikan sebagai kendaraan niaga, karena bisa memuat banyak barang.

Mobil Listrik Honda N-VAN EV Protoype di IEMS 2023Kompas.com/Nanda Mobil Listrik Honda N-VAN EV Protoype di IEMS 2023

Berdasarkan penuturan petugas Honda di ICC Building BRIN, N-VAN EV Prototype memiliki baterai dan jarak tempuh yang sama dengan Honda e.

“Kalau untuk spesifikasi dan jarak tempuhnya sama seperti Honda e, yang membedakan bentuk body dan kegunaanya saja,” ucap petugas tersebut, di ICC Building BRIN, Kamis (21/9/2023).

Merujuk pada spesifikasi Honda e, dibekali baterai berkapasitas 35,5 kWh yang bisa menempuh jarak hingga 220 Km. Motor listriknya mampu memuntahkan tenaga sebesar 151,8 Tk dan torsi hingga 315 Nm.

Pengisian daya baterai pada mobil berada di bagian depan dan sudah dilengkapi dengan fast charging yang mampu mengisi dari nol hingga 80 persen dalam waktu 30-36 menit. Mobil ini menggunakan tipe konektor Mennekes 2 dan CCS 2.

Honda N-Van Motor1.com Honda N-Van

Honda N-VAN EV Prototype saat ini digunakan oleh Honda untuk mengirimkan berbagai suku cadang ke berbagai dealer Honda di area Jakarta. Melalui berbagai pengiriman yang dilakukan ini, akan digunakan sebagai studi dan riset mengenai persiapan elektrifikasi Honda di Indonesia.

Baca juga: Kendaraan Listrik Bisa Tingkatkan PDB Indonesia

Mobil listrik N-VAN EV ini rencananya baru akan diluncurkan pada 2024, sekitar bulan Maret hingga Mei. N-VAN EV ini sekaligus menjadi bagian dari rencana Honda untuk meluncurkan 30 jenis mobil EV secara global pada tahun 2030.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com